View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1I014031
Nama MahasiswaHANDAYANI LINTANG PURWANING AYU
Judul ArtikelANALISIS LAGU ‘1944’ OLEH JAMALA PADA EUROVISION SONG CONTEST 2016 SEBAGAI INSTRUMEN DIPLOMASI PUBLIK UKRAINA DALAM KRISIS KRIMEA
AbstrakEurovision Song Contest seringkali digunakan oleh negara pesertanya sebagai platform diplomasi publiknya agar mencapai pemirsa di berbagai negara. Tidak terkecuali dengan Ukraina, yang pada tahun 2016 mengirimkan peserta perwakilannya, Jamala, untuk mengikuti kontes ini dengan lagu yang berjudul ‘1944’. Lagu ini memiliki hubungan dengan krisis yang terjadi di Semenanjung Krimea, yaitu mengenai kelompok etnis minoritas Tatar Krimea. Artikel ini akan membahas bagaimana hubungan antara lagu ‘1944’ dan krisis Krimea dapat menjadi instrumen diplomasi publik Ukraina, bagaimana Ukraina memanfaatkan Eurovision sebagai platform diplomasi publiknya, dan pengaruh diplomasi publik ini terhadap perkembangan krisis Krimea.
Abstrak (Inggris)Eurovision Song Contest often used by its participant countries as their pubic diplomacy platform to reach audiences from various country, and Ukraine is no exception. Participant from Ukraine, Jamala, in 2016 performed a song titled '1944'. The song has a relations with the crisis that is going on in Crimea - which is about Tatar Crimean, a minority ethnic group native to Crimea Peninsula. This article analyzes said relations between '1944' and Crimea Crisis that can be used as public diplomacy instrument for Ukraine, how Ukraine utilizes Eurovision as the platform for its public diplomacy, and the effect of the song '1944' on the development of Crimea Crisis.
Kata KunciTatar Krimea, Krisis Krimea, Eurovision Song Contest, Diplomasi Publik
Nama Pembimbing 1Sri Wijayanti, S.IP., M.Si
Nama Pembimbing 2Elpeni Fitrah, S.Sos., M.A.
Tahun2018
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0678 seconds.