View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1K013039
Nama MahasiswaERSHA DERYSTIA PUTRI
Judul ArtikelStudi Jenis Pakan Berdasarkan Analisis Isi Lambung Dan Ukuran Ikan Hiu (Alopias Spp.) Di Perairan Selatan Cilacap, Jawa Tengah
AbstrakPenelitian morfologi dan jenis pakan hiu Alopias spp di Perairan Selatan Cilacap penting dilakukan karena terbatasnya informasi mengenai hal tersebut dan perlunya data aktual tentang status ikan hiu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui panjang total, bobot, jenis pakan, serta hubungan ukuran dengan jenis pakan ikan hiu Alopias spp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random. Parameter yang di amati meliputi Panjang total, bobot serta analisis isi lambung dilakukan dengan menghitung frekuensi kejadian dan indeks preponderance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hiu yang tertangkap berukuran panjang 85,5 m dengan bobot 59,9 kg. Jenis pakan yang terdapat di dalam lambung terdiri dari ikan, krustasea dan jenis organisme lain yang tidak teridentifikasi karena telah hancur. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara ukuran dengan jenis pakan krustasea, sedangkan dengan jenis pakan ikan hubungannya kurang kuat.
Abstrak (Inggris)Morphological studies and feed types of sharks Alopias spp. in the Southern waters of Cilacap is important to be done because of the limited information about it and the need for actual data on the status of the sharks. This study aimed to determine the total length, weight, type of feed, and the relationship between size and feed types of Alopias spp. The research used survey method and sampling was done by simple random method. The observed parameters such as total length, weight and analysis of gastric contents was done by calculating the frequency of occurrences and the preponderance index. The results showed that the average caught shark was 85.5 m long and weighed 59.9 kg. The types of feed contained in the stomach consist of fish, crustaceans and other types of organisms that were not identified because it has been destroyed. There is a very strong relationship between shark size and crustaceans feed, while the type of fish feed has less strong relationship.
Kata KunciIkan hiu Alopias spp.; ukuran; jenis pakan; Cilacap
Nama Pembimbing 1Dr. Tjahjo Winanto, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Florensius Eko Dwi Haryono, M.Si
Tahun2018
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0515 seconds.