View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1B014001
Nama MahasiswaMITTA AYU ANINDYA PUTRI
Judul ArtikelEfektivitas Fear Arousing Warning Terhadap Peningkatan Pengetahuan SIkap dan Perilaku dalam Mencegah Gizi Lebih
AbstrakLatar Belakang : Gizi lebih merupakan masalah yang penting bagi remaja karena menjadi salah satu faktor resiko utama penyakit degeneratif. Kasus gizi lebih pada remaja usia 13-15 tahun di Indonesia sebesar 5,7%. Metode promosi kesehatan fear arousing warning perlu diberikan sebagai informasi yang membangkitkan rasa takut guna meningkatkan kecemasan sehingga dapat merubah perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas promosi kesehatan fear arousing warning terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku dalam mencegah gizi lebih. Metodologi : Penelitian quasy experimental ini menggunakan desain pre test post test control group design dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel 124 siswa dibagi dalam dua kelompok (69 perlakuan dan 55 kontrol). Kedua kelompok diberi pre test dan post test dengan dua kali intervensi yaitu pemberian promosi kesehatan fear arousing warning tentang bahaya gizi lebih pada kelompok perlakuan dan ceramah pada kelompok kontrol. Hasil Penelitian : Hasil menunjukkan pada kelompok perlakuan terdapat perbedaan pengetahuan (p=0.000), sikap (p=0.000) dan perilaku (0.000) sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan fear arousing warning tentang bahaya gizi lebih. Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan (0.000) setelah intervensi antara kelompok perlakuan dan kontrol. Kesimpulan : Promosi kesehatan fear arousing warning tentang bahaya gizi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja.
Abstrak (Inggris)Background: Obesity is an important issue for adolescent due to it is the main risk factor of degenerative disease. Obesity on adolescent from 13 – 15 years old in Indonesia is 5,7%. The health promotion method of fear arousing warning is a method which provides information that can give sense of fear through a matter that increases anxiety to change the behaviour. This research aims to analyze the effectiveness of health promotion of fear arousing warning on the enhancement of knowledge, attitude, and behaviour in preventing obesity on adolescent. Methods: This quasi experimental research is using pre test post test control group design with purposive sampling. The 124 students were divided in two groups (69 students are in intervention group and 55 students are in control group). These two groups had given pre test and post test with two interventions, those are the fear arousing warning of health promotion about the risk of obesity on intervention group and lecture on control group. Results: The result shows that on intervention group there is difference on knowledge (p=0.000), attitude (p=0,000), and behaviour (p=0.000) before and after they had been given by health promotion of fear arousing warning about the danger of obesity. There is a significant on knowledge(0.000) after giving intervention between intervention group and control. Conclusion: The health promotion of fear arousing warning about the danger of obesity is more effective in enhancing knowledge, attitude, and adolescent behaviour.
Kata KunciGizi lebih, fear arousing warning, remaja
Nama Pembimbing 1Siti Masfiah, S.KM., M.Kes., M.A
Nama Pembimbing 2Arrum Firda Ayu M, S.KM., M.Kes
Tahun2018
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0685 seconds.