View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1K014052
Nama MahasiswaWANESA PUTRI PAMUNGKAS
Judul ArtikelQUALITY AND TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL OF E-TICKETING RESERVATION IN PT KAI (Study in Railway Station Purwokerto)
AbstrakLatar Belakang: Stasiun Purwokerto (PWT) adalah stasiun kereta api kelas besar yang terletak di pinggir Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, tepatnya di Kober, Purwokerto Barat, Banyumas. Stasiun yang terletak di ketinggian +75 m adalah stasiun terbesar dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Wilayah Operasi V Purwokerto. Hampir semua kereta api dari Jakarta ke timur melalui rute selatan seperti Yogyakarta, Solo, Surabaya, Madiun dan sekitarnya berhenti di stasiun ini. Oleh karena itu, penulis memilih stasiun kereta api Purwokerto sebagai objek penelitian ini. Tujuan: Diskusikan tentang kualitas pembelian tiket melalui reservasi online yang juga didukung oleh TAM. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan dengan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Jalan Jenderal Sutradara Barat Nomor 209, Purwokerto. Waktu penelitian ini dilakukan antara bulan Juni hingga Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Purwokerto yang aktif dan bertransaksi. Dari perhitungan ukuran sampel dengan rumus, kemudian dapatkan jumlah 96. Untuk memudahkan perhitungan sampling, maka diambil menjadi 100 sampel. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24.0 untuk Windows. Temuan: Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada efek positif dari kualitas sistem, kualitas informasi, dan persepsi kemudahan penggunaan pada kegunaan yang dirasakan; ada efek positif kualitas sistem dan kualitas informasi pada persepsi kemudahan penggunaan; dan ada efek positif dari kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan pada niat untuk digunakan. Implikasinya: Sebagai penelitian empiris, hasil penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen PT KAI untuk memperhatikan tentang sistem dan kualitas informasi sebagai pertimbangan untuk meningkatkan kegunaan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan pelanggan mereka. Selain itu, untuk meningkatkan niat untuk menggunakan pelanggan, perusahaan harus meningkatkan kegunaan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan pelanggan
Abstrak (Inggris)Background: Purwokerto Station (PWT) is a large class railway station located on the edge of Purwokerto City, Banyumas Regency, precisely in Kober, West Purwokerto, Banyumas. The station located at an altitude of +75 m is the largest station in the management of PT Kereta Api Indonesia (Persero) Operation Area V Purwokerto. Almost all trains from Jakarta to the east through the southern route such as Yogyakarta, Solo, Surabaya, Madiun and surrounding areas stop at this station. Therefore, the author chose Purwokerto railway station as the object of this research. Purpose: Discuss about the quality of ticket purchasing through online reservation which is also supported by TAM. Methodology: The type of this research is quantitative research. Method used in this study is survey method conducted by questionnaire. This study was conducted in PT Kereta Api Indonesia (KAI) at West Jenderal Soedirman Street Number 209, Purwokerto. Time of this research was conducted between June until July 2018. Population in this research is all consumers of PT Kereta Api Indonesia (KAI) Purwokerto that are active and have transaction. From the calculation of the sample size with the formula, then get the number of 96. To ease the calculation of sampling, then it is taken into 100 samples. The data analysis uses SPSS software version 24.0 for Windows. Findings: Based on the discussion of research result it can be concluded that: there is a positive effect of system quality, information quality, and perceived ease of use on perceived usefulness; there is a positive effect of system quality and information quality on perceived ease of use; and there is a positive effect of perceived usefulness and perceived ease of use on intention to use. Implications: As empirical research, the results of this study can be used by the management of PT KAI to pay attention about system and information quality as consideration to increase their customers’ perceived usefulness and ease of use. In addittion, to increase the intention to use of customers then the company must increase customers’ perceived usefulness and ease of use.
Kata KunciKeywords: system quality, information quality, perceived usefulness, perceived ease of use, intention to use.
Nama Pembimbing 1Dr. Adi Indrayanto, S.E., M.Sc.
Nama Pembimbing 2Retno Widuri, S.E., M.Si.
Tahun2018
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0482 seconds.