View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1K014014
Nama MahasiswaIKA OKTAVIA WIJAYANTI
Judul ArtikelPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS VII F SMP N 6 PURWOKERTO
AbstrakRumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis surat dinas pada siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto setelah menerapkan pembelajaran model tipe STAD (Student Teams Achievement Division)? (2) bagaimanakah perubahan perilaku pada siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto setelah menerapkan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran menulis surat dinas?. Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat dinas pada siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto setelah menerapkan pembelajaran model tipe STAD (Student Teams Achievement Division). (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto setelah menerapkan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Data pada penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Siklus I dan siklus II terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto yang berjumlah 36 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel keterampilan menulis surat dinas dan variabel penggunaan model kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis surat dinas, dan teknik nontes berupa data hasil observasi, hasil jurnal siswa, hasil jurnal guru, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi foto. Analisis data penelitian terdiri dari dua macam yaitu data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes keterampilan menulis surat dinas pada siklus I dan siklus II, dan data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil nontes siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil tes keterampilan menulis surat dinas pada tahap siklus I nilai rata-rata yang dicapai sebesar 68,51 dalam kategori cukup, ketuntasan yang diperoleh sebesar 28,57, tahap siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yang dicapai sebesar 82,00 dalam kategori baik, ketuntasan yang diperoleh sebesar 87,89, selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 59,32. Perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran pada tahap siklus I suasana kelas belum kondusif, belum tertata dengan baik, perubahan perilaku siswa pada siklus II mengalami perubahan yang cukup baik suasana kelas menjadi kondusif, sudah tertata dan teratur dalam pembagian kelompok. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dinas, dapat mengubah perilaku siswa untuk saling bekerja sama dalam mendiskusikan materi, dapat mengubah suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci: keterampilan menulis, surat dinas, model kooperatif tipe STAD.
Abstrak (Inggris)There are two problem formulation in this study, (1) how is the improvement of the skill to write office letters for students of class VII F SMP N 6 Purwokerto after applying the STAD (Students Teams Achievement Division) type learning model (2) how is the behavior change in students of class VII F Purwokerto 6th Middle School after applying the STAD (Student Teams Achievement Division) type learning model in learning to write official letters?. The goal of research is to (1) describe the improvement of office letter writing skills for students in class VII F of SMP N 6 Purwokerto after applying STAD (Student Teams Achievement Division) type learning model (2) Describe behavior changes of students in class VII F SMP N 6 Purwokerto after applying STAD (Student Teams Achievement Divison) type learning model. The data in this study use a classroom action research design (CAR) which was carried out in two stages, named the first cycle and second cycle stages. First cycle and second cycle consist of planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is the skill of writing official letters for students of class VII F SMP N 6 Purwokerto totaling 36 students. This research variable uses two variables, namely the variabel skill in writing official letters and the use of cooperative model Type STAD (Students Teams Achievement Division). Data collection uses two techniques, test techniques are the results of the official letter writing skills test and non-test techniques are observation data, student journal results, teacher journal results, interview results, and photo documentation results. Research data analysis consists of two types, quantitative data and qualitative data, Quantitative data is used to analyze the results of the official letter writing skills test in cycle I and cycle II, and Qualitative data is used to analyze the results of cycle I and cycle II. Based on the results of the research it can be seen that the results of the official letter writing skills test in the first cycle phase achieved an average value of 68.52 in the sufficient category, completeness obtained is 28.57, second cycle phase has increased the average value reached by 82.00 in the good category, completeness obtained was 87.89. the difference between cycle I and cycle II is 59.32.changes in student behavior during learning in the first cycle phase of the classroom atmosphere is not yet conducive, not well organized, changes in student behavior in the second cycle experienced a fairly good change, the classroom atmosphere became conducive, it was organized and organized in the group division. It can be concluded that learning using STAD (Student Teams Achievement Division) type cooperative learning model can improve official letter writing skills, can change students' behavior to work together in discussing material, can change the atmosphere of learning fun. Keywords: writing skills, office letter, STAD type cooperative model.
Kata Kunciketerampilan menulis, surat dinas, model kooperatif tipe STAD.
Nama Pembimbing 1Etin Puji Hastuti, S.S., M.Pd
Nama Pembimbing 2Nia Ulfa Martha, S.Pd., M.Pd
Tahun2018
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0546 seconds.