View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1B014010
Nama MahasiswaMAELA NOERISTYA
Judul ArtikelPERSEPSI DAN PERAN STAKEHOLDER DALAM PROGRAM DANA DESA UNTUK UPAYA KESEHATAN BERSUMBERDAYA MASYARAKAT DI KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG
AbstrakLatar Belakang :Salah satu wujud perhatian pemerintah terhadap desa adalah pemerintah memberikan Dana Desa kepada desa yang bersumber dari APBN yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota. Dengan adanya dana desa pengembangan UKBM akan lebih mungkin diupayakan di desa dengan memanfaatkan dana desa 10% untuk UKBM. Namun, masih banyak desa yang belum memanfaatkan dana desa 10% untuk UKBM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan peran stakeholder dalam program Dana Desa untuk UKBM di Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, penentuan subyek penelitian dan informan dilakukan secara purposive sampling sebanyak 12 orang. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian menggunakan thematic analisys. Hasil penelitian : stakeholder yang terlibat dalam program dana desa untuk UKBM dikategorikan menjadi stakeholder primer, sekunder dan kunci. Masih ada stakeholder primer yang belum melaksanakan perannya dengan baik. Peran stakeholder sekunder sebgai fasilitator juga belum maksimal dan kurangnya koordinasi dari stakeholder kunci membuat program ini belum berjalan dnegan baik. Persepsi stakeholder mengenai program dana desa untuk UKBM dipengaruhi oleh kebutuhan, informasi yang didapat mengenai program dan tingkat perhatiannya terhadap UKBM. Masih sedikit desa yang menafaatkan dana desa 10% untuk UKBM. Hal ini juga disebabkan oleh kebijakan yang belum tersosialisasi dengan baik dan pengawasan yang belum dilakukan oleh seluruh masyarakart. Kesimpulan : Persepsi stakeholder dalam program dana desa untuk UKBM dipengaruhi oleh kebutuhan informasi dan perhatiannya. Peran stakeholder juga belum maksimal dikarenakan kebijakan dan pengawasannya. Sehingga perlu koordinasi yang baik agar program dana desa untuk UKBM dapat terlaksana dengan baik.
Abstrak (Inggris)Background : One manifestation of government's attention to the village is the government giving village funds to village transferred from the state budget through the budget the district / city. With the village funds development of Community Based Health Effort (UKBM) will more likely be pursued at the level of households in the village with village funds 10% for UKBM. However, there are still many villages that have not been utilizing 10% of village funds for UKBM. The aim of this research is to describe the perception and role of stakeholders in the Village Fund program for UKBM in Moga based district Pemalang. Methodology: This study is a qualitative research with case study design and the researcher determines the research subjects and informants is purposive sampling which used 12 people. Processing and analysis datain this research use thematic analisys. Research result : Stakeholders involved in the program for the village fund UKBM stakeholder categorized into primary, secondary and keys. There is still the primary stakeholders who do not carry out their role. The role of the facilitator sebgai secondary stakeholders are also not up to the lack of coordination of key stakeholders to make this program has not been running well circuitry. Stakeholder perceptions about the village fund program for UKBM influenced by the needs, the information obtained about the program and the level of attention to UKBM. Still a little village utilizing village fund 10% to UKBM. It is also caused by policies that have not been properly socialized and supervision have not been done by all society. Conclusion: Perception of stakeholders in the village fund program for UKBM influenced by the needs of information and attention. The role of the stakeholders are also not maximized due to the policy and supervision. So it needs good coordination so that the village fund program for UKBM can be done well.
Kata Kuncipersepsi, peran, dana desa, UKBM.
Nama Pembimbing 1Dr. Arih Diyaning Intiasari, S.KM., M.PH.
Nama Pembimbing 2Siti Masfiah, S.KM.,M.Kes, M.A.
Tahun2018
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0539 seconds.