View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C014043
Nama MahasiswaAPRILIANI
Judul ArtikelPENGARUH IKLAN DI APLIKASI JOOX TERHADAP BRAND AWARENESS HANDPHONE VIVO DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSOED
AbstrakKemunculan berbagai merek handphone menyebabkan para produsen melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Salah satu kegiatan komunikasi pemasaran tersebut adalah iklan. Berbagai jenis iklan yang ada saat ini, mengharuskan para produsen untuk dapat melakukan strategi positioning yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan di aplikasi joox terhadap Brand Awareness handphone vivo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Selective Influence yang berasumsi bahwa terpaan media massa terhadap khalayak dipengaruhi oleh tingkat selektivitas individu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif explanatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dan membuktikan hipotesis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini berjumlah 222 mahasiswa angkatan 2014-2017 yang telah menggunakan aplikasi joox dan sudah pernah melihat iklan vivo. Penentuan sampel dilakukan dengan rumus solvin dan teknik simple random sampling dengan jumlah 143 sampel. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji regresi linear sederhana menggunakan software SPSS 20. Hasil menunjukan pengaruh yang rendah namun masih sejalan dengan teori bahwa mahasiswa terpengaruh oleh iklan berdasarkan pada tingkat selektifitas mereka. Hasil tersebut dibuktikan dari penelitian ini yang menunjukan koefisien korelasi R sebesar 0,516. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang rendah tetapi pasti antar variabel, serta memiliki arah hubungan yang positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji regresi menunjukan bahwa pengaruh iklan di aplikasi joox terhadap brand awareness handphone vivo sebesar 26,7% dengan persamaan regresinya adalah Y= 8.970 + 0,347x.
Abstrak (Inggris)The appearance many various brands of mobile phones that cause producers to carry out marketing communication activities. One of the marketing communication activities is advertising. Various types of advertising that exist today, require foreign producers, especially in the mobile phone industry to be able to do the right positioning strategy. The purpose of this research was to determine the effect of Joox’s advertising application on Vivo mobile brand awareness. Selective Influence Theory was used in this study which assumes that mass media exposure to the audience influenced by the level individual selectivity. The research method used is explanative quantitative which aims to explain correlation variabels and prove the hypothesis. Data collection techniques are carried out using a questionnaire. The population of this study amounted to 222 students of the 2014-2017 who have used the Joox application and have seen vivo advertisements. Determination of the sample by the solvin formula and simple random sampling technique with a total of 143 samples. Data analysis was performed by Pearson Product Moment correlation test and simple linear regression test using SPSS 20 software. The results show a low influence but still in line with the theory that students are affected by advertising based on their level of selectivity. These results are evidenced from this study which shows the correlation coefficient R of 0.516. So that it can be said that there is a low but definite influence between variables, and has a positive relationship with a significance value of 0.000 <0.05, so Ha is accepted and Ho is rejected. Regression test results show that the effect of Joox’s advertising application on Vivo mobile brand awareness is 26.7% with the regression equation is Y = 8.970 + 0.347x.
Kata KunciKomunikasi Pemasaran, Iklan, Handphone Vivo, Brand Awareness, Teori Pengaruh Selektif.
Nama Pembimbing 1Dr. Muhn. Suthan, M.Si
Nama Pembimbing 2Dian Bestari S.R, S.IP, M.I.Kom
Tahun2018
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0457 seconds.