View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1K014042
Nama MahasiswaFARAH FARADISA
Judul ArtikelPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECKS DENGAN BERBANTU MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH SAWOJAJAR KABUPATEN BREBES
AbstrakPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur melalui media video menggunakan metode pair checks pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sawojajar Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri atas beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sawojajar yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis teks prosedur dan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sawojajar Kabupaten Brebes dengan menggunakan metode pair checks berbantu media video. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan nontes sedangkan teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 56, serta pada siklus II mencapai 77 hal ini menunjukkan peningkatan nilai keterampilan menulis teks prosedur dari siklus I ke siklus II. Secara rinci nilai rata-rata pada aspek judul pada siklus I adalah 64, sedangkan pada siklus II mencapai 77; pada aspek bagian awal nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 60 dan siklus II 86; pada aspek bagian inti nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 60 sedangkan pada siklus II 90; pada aspek bagian penutup pada siklus I adalah 40, sedangkan pada siklus II 57. Akan tetapi pada aspek bagian penutup siswa masih menunjukan nilai yang rendah pada siklus I dan siklus II hal ini disebabkan siswa masih mengalami kebingungan untuk menuangkan idenya ke dalam tulisan, pada siklus I juga siswa masih mengalami kesulitan untuk pengguaan bahasa baku akan tetapi pada siklus II siswa sudah mulai terbiasa dan lancar untuk menggunakan bahasa baku ke dalam tulisannya. Berdasarkan hasil nontes siswa juga mengalami perubahan perilaku, siswa yang pada siklus I banyak melakukan sikap negatif seperti mencontek, berbicara dengan teman sebangku saat pembelajaran, kurang aktif dalam pembelajaran, pada siklus II mulai menunjukkan sikap yang positif. Sikap itu di antaranya kesiapan siswa menerima pelajaran lebih baik, intensitas berbicara dengan teman berkurang, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, serta merespon positif media video dengan metode pair checks.
Abstrak (Inggris)This classroom action research is aimed to develop the procedure text writing skill through video using pair checks method on grade VII B Muhammadiyah Sawojajar Junior Highschool of Brebes district. This type of method is a classroom action research which applies the spiral model by Kemmis & Mc. Taggart. This model consists of several ways, they are planning, action implementation, observation, and reflection. The subject of this research is class VII B Muhammadiyah Sawojajar Junior Highschool which consists of 28 students, 8 students are male and the other 20 are female. This research involves 2 cycles, each cycle is conducted twice. The object of this research is the teaching process of procedure text writing and class VII B Muhammadiyah Sawojajar Junior Highschool of Brebes district procedure text writing skill using pair checks method assisted with video media. The technique of data collection is using the test and non-test, meanwhile the technique of data analysis is using the quantitative and qualitative techniques. The result of this research shows the average number of the first cycle is 56, and the second cycle is up to 77 which shows the increasing amount of procedure text writing skill from the first to the second cycle. Specifically, the average value of the title aspect from the first cycle is 64, meanwhile the next cycle rises to 77; on the opening aspect the students’ average value of the first cycle is 60 and the next cycle is 86; on the main aspect the students’ average value is 60, while the second cycle is 90; on the closing aspect is 40, and the next cycle is 57. However, on the closing aspect the students show low rate in the first and the second cycles which is caused by the students are still confused to pour their ideas into writing, in the first cycle the students still difficult to use the standard language, yet in the second cycle the students are used to the appliance of the standard language in their writings. According to the notes, students are experiencing changing behavior, the students which shows negative attitude like cheating, talking to the seatmate during class, less active in class, in the second cycle are starting to show positive attitude. One of those attitudes including the students’ readiness to receive the lessons better, the talking with intensity is decreasing, the students become more active in class, and respond the video media with the pair checks method positively.
Kata KunciKata Kunci: Keterampilan menulis teks prosedur, metode pair checks
Nama Pembimbing 1Lalita Melasarianti, S.Pd., M.Pd.
Nama Pembimbing 2Etin Pujihastuti, S.S., M.Pd.
Tahun2018
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0604 seconds.