View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1K014032
Nama MahasiswaMUSTIKA ROMADANI
Judul ArtikelPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR BERBANTU MEDIA VIDEO PADA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 2 BAWANG BANJARNEGARA
AbstrakPenelitian tindakan kelas ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Quantum Teaching Tipe Tandur Berbantu Media Video pada Siswa Kelas X TKJ 1 SMK N 2 Bawang Banjarnegara”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis puisi melalui model Quantum Teaching tipe Tandur berbantu media video dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Bawang Banjarengara setelah dilaksanakan pembelajaran menulis puisi melalui model Quantum Teaching tipe Tandur berbantu media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penilitian ini adalah keterampilan menulis puisi melalui model Quantum Teaching tipe Tandur berbantu media video. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes Hasil rata-rata tes keterampilan menulis puisi siklus I yaitu 69,06, sedangkan nilai tes pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 78,92. Nilai tes tersebut meningkat sebesar 9,86 atau sebesar 14,28% menjadi 78,92.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi melalui model Quantum Teaching tipe Tandur berbantu media video dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi serta dapat mengubah perilaku siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara.
Abstrak (Inggris)This classroom action research is entitled “Improving the Poem Writing Skills Through Tandur-type Quantum Teaching Model Supported with Video Media for the Grade X Students of State Vocational High School 2 Bawang, Banjarnegara”. This research aims at describing the poem writing learning improvement through Tandur-type Quantum Teaching model supported with video media and explaining the behavioral changes of grade X students of State Vocational High School Bawang, Banjarnegara after the implementation. This classroom action research is conducted in two cycles: cycle I and cycle II. The research subject is the poem writing skills through Tandur-type Quantum Teaching model supported with video media. The research employs both test and non-test techniques. The average test result for the poem writing skills in cycle I is 69.06, while that in cycle II is 78.92. Thus, the test result has improved by 9.86 or 14.28% in cycle II. Based on the research result, it can be concluded that the poem writing learning through Tandur-type Quantum Teaching model supported with video media may improve the poem writing skills and change the behaviors of grade X Students of State Vocational High School 2 Bawang Banjarnegara.
Kata KunciKeterampilan Menulis Puisi, model Quantum Teaching tipe Tandur.
Nama Pembimbing 1Dra. Dyah Wijayawati, M.Pd.
Nama Pembimbing 2Lalita Melasarianti, S.Pd, M.Pd.
Tahun2018
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0582 seconds.