View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A114066
Nama MahasiswaSHAFIRA MEIDIANA
Judul ArtikelPERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENANGANI SENGKETA PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA PUTUSAN BPSK NOMOR: 050/REG/BPSK-DLI/V/2017
Abstrak Penelitian ini mengkaji mengenai Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam menangani sengketa antara Iwanto GM Simanjuntak dengan PT. Summit Oto Finance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Provinsi DKI Jakarta pada putusan BPSK Nomor 050/REG/BPSK-DKI/V/2017 dalam menyelesaikan sengketa konsumen berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Pada penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Data yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu data sekunder. Pengumpulan data melalui studi kepustakaan terhadap peraturan perundang-undangan yang terkait. Data diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian pada Putusan BPSK Nomor: 050/REG/BPSK-DKI/V/2017 menunjukkan bahwa menurut Pasal 52 huruf a Undang-Undang Nomor 8 tentang Perlindungan Konsumen, peranan BPSK dalam menagani sengketa konsumen antara Iwanto GM Simanjuntak dengan PT. Summit Oto Finance adalah sebagai Mediator dan Arbitor dalam perkara ini.
Abstrak (Inggris)This research examines the role of Consumer Dispute Settlement Agency in handling consumer disputes between Iwanto GM Simanjuntak and PT. Summit Oto Finance. Purpose of the research is to find out the role of Consumer Dispute Settlement Agency DKI Jakarta Province in this case study number: 050/REG/BPSK-DKI/V/2017 in resolving consumer disputes based on the prevailing laws and regulations. This research uses normative juridical method with legislation approach. The data used in this research is secondary data. The data collecting method is using literature study through the related laws and regulations. The data itself is outlined in the form of narrative text systematically. The data analysis method used in this research is qualitative normative method. The results of this study incase BPSK Number: 050/REG/BPSK-DKI/V/2017 indicate that according to article 52 paragraph a Constitution Number 8 of 1999 about Consumer Protection, the role of BPSK to resolved the consumer finance between Iwanto GM Simanjuntak and PT. Summit Oto Finance as a mediator and arbiter in this case.
Kata KunciPerlindungan Konsumen, Peranan, Sengketa Konsumen, BPSK
Nama Pembimbing 1H. Suyadi, S.H., M.Hum
Nama Pembimbing 2H. Sukirman, S.H., M.Hum
Tahun2018
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0504 seconds.