View Artikel Ilmiah

Kembali
NimF1K014043
NamamhsADELINA FRANSISKA GUMANTO
Judul ArtikelANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG-ORANG PROYEK KARYA AHMAD TOHARI
AbstrakPenelitian ini berjudul “Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Jenis Konflik Batin Tokoh Utama yang terdapat dalam novel Orang-Orang Proyek (2) Nilai Pendidikan Karakter yang terdapat dalam novel Orang-Orang Proyek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah karya sastra berbentuk novel dengan judul Orang-Orang Proyek karya Ahmad Tohari. Penelitian ini difokuskan pada konflik batin tokoh utama dengan menggunakan teori psikologi sastra dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Orang-Orang Proyek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode pembacaan heuristik dan metode pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Jenis konflik batin tokoh utama dalam novel Orang-Orang Proyek ada tiga jenis yaitu konflik angguk-angguk (approach-approach conflict), konflik geleng-geleng (avoidance-avoidance conflict) dan konflik geleng-angguk (avoidance-approach conflict). Jenis konflik batin yang paling dominan ialah jenis konflik geleng-angguk (approach-avoidance conflict) (2) Nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-Orang Proyek ditemukan ada 16 nilai antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang paling dominan adalah nilai tanggung jawab.
Abstrak (Inggris)This research is entitled “Inner Conflict Analysis of Main Figure and Character Education Value in Novel Orang-Orang Proyek by Ahmad Tohari”, this research is to describe (1) The type of inner conflict of the main figure in the novel Orang-Orang Proyek (2) Character education value which is contained in novel Orang-Orang Proyek. This research is qualitative descriptive research. The subject of the research is literaly in the form of novel Orang-Orang Proyek. The research focused on te inner conflict of the main figured by using literaly psichological theory and character education value in the novel Orang-Orang Proyek. Data collection is done with attention and note techniques. Data analysis technique were done with using heuristic reading methode and heurmeneutical reading methode. The result of this research shows as follows (1) there are three type of inner conflict of the main figure in the novel Orang-Orang Proyek, approach-approach conflict, avoidance-avoidance conflict, and approach-avoidance conflict. The most dominant type of inner conflict is approach-avoidance conflict. (2) Character education value in the novel Orang-Orang Proyek are found 16 values. There are religious, hinest, tolerance, discipline, hard work, independent, democratic, curiosity, national spirit, respect achievement, friendship/communicatuve, love peace, love reading, care for the environment, care for the socially and responsibility. The most dominant of character education value in the value of responsbility.
Kata KunciKonflik Batin, Nilai Pendidikan Karakter, Orang-Orang Proyek
Nama Pembimbing 1Etin Pujihastuti, S.S., M.Pd
Nama Pembimbing 2Lalita Melasarianti, S.Pd., M.Pd
Tahun2018
Jml halaman10
Page generated in 0.0941 seconds.