View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1F014058
Nama MahasiswaINDAH EPRIARTI
Judul ArtikelANDROGYNY SYMBOL OF FEMALE MODEL’S FASHION STYLE DEPICTED IN GOGIRL! MAGAZINE VOLUME 153: A SEMIOTIC ANALYSIS
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda yang ditemukan dalam majalah Gogirl! vol.153 dan menjelaskan tentang karakter androgini yang terdapat dalam fashion. Dalam perkembangan trend fashion, perempuan yang notabennya berkarakter feminin dapat mengurangi kesan dominan feminin itu sendiri. Mereka dapat mengadaptasi gaya androgini yang terkombinasi dari gaya feminin dan maskulin. Bidang penelitian ini adalah semiotika yang akan dianalisis menggunakan konsep androgini dari Bem (1974) agar dapat menjelaskan simbol-simbol androgini yang terdapat pada model-model tersebut. Semiotika merupakan suatu kajian tentang sistem tanda untuk mengetahui bahwa tanda itu terhubung dengan makna tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dari 12 foto yang didalamnya terdapat model perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, masing-masing foto memiliki tanda-tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol. Ikon mencakup tanda-tanda yang menirukan, mereplikakan, dan kemiripan terhadap benda nyatanya. Indeks mencakup tanda-tanda yang terkoneksi baik secara jelas ataupun tidak jelas dengan objeknya seperti misalnya sebab dan akibat, manfaat, keuntungan, ataupun yang lainnya. Simbol mencakup tanda-tanda yang mempunyai sebuah makna yang telah disetujui ataupun diterima masyarakat berdasarkan dengan konteks nya. Kedua, tanda-tanda dalam foto-foto tersebut sebenarnya lebih memunculkan karakter maskulin daripada karakter feminin seperti tegas, ambisius, independen, atletis, dan lain sebagainya. Karakter-karakter tersebut sudah tersusun dalam konsep androgini yang dikemukan oleh Bem. Semua foto-foto itu mengemukakan bahwa perempuan secara umum dapat menunjukkan kebebasan bergaya dalam fashion. Hal ini memungkinkan bagi mereka untuk memadupadankan atribut-atribut perempuan dan laki-laki. Selain itu, androgini merupakan sisi maskulin dan feminin yang dapat ditunjukkan lewat penampilan dan tidak ada batasan dalam berpakaian.
Abstrak (Inggris)This research is aimed to identify the signs found in Gogirl! magazine vol.153 and explain the androgyny character that is contained in fashion style. In the trend fashion development, female which belongs to feminine can reduce the dominant representation of the feminine characteristic itself. They can adapt the androgyny style which is a combination of feminine and masculine style. The field of this research is semiotics study that is analyzed using Bem’s androgyny concept (1974) to explain androgyny symbols in the models. Semiotics is the study of sign system to know that sign is correlated in certain meaning. This research uses descriptive qualitative method to analyze the data which are 12 images containing female’s model. The results of this research are first, each image contains iconic, indexical, and symbolic sign. Iconic is the signs that have imitation, replication, or resemblance of the real thing. Indexical is the signs that connected explicitly or implicitly with the object such as the cause and effect, helpfulness, advantage, and others. Symbolic is the signs that have a meaning and has been approved and accepted in government and society included the context. Second, the signs in images is actually more demonstrated the masculinity character than feminine such as assertive, ambitious, independent, athletic, and so on. Those characters have been listed in Bem’s androgyny concept. From all the images reveal that woman in general can show the free style in fashion. It is possible for them to mix and match the attributes of female and male. Moreover, androgyny which is the side of masculine and feminine can be exposed through appearances and it has no limitation in dressing.
Kata KunciSemiotics, Peirce’s Theory, Androgyny, Gogirl! magazine
Nama Pembimbing 1Dr. Chusni Hadiati, M.Hum
Nama Pembimbing 2Ika Maratus Sholikhah, S.S., M.A
Tahun2018
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0535 seconds.