View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1K014041
Nama MahasiswaFITRI SRIWINARSIH
Judul ArtikelPeningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII D SMP N 4 Purwokerto
AbstrakSriwinarsih, Fitri. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII D SMP N 4 Purwokerto”, Skripsi, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII D SMP N 4 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas pada siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat dinas melalui model pembelajaran koopeartif tipe Numbered Head Together. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis surat dinas. Teknik nontes dalam penelitian ini berupa obervasi, pemberian angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif untuk menghitung hasil tes menulis, dan teknik kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan hasil dari nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis surat dinas melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71,36 dalam kategori baik. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 79,24 dalam kategori baik. Hasil perolehan rata-rata kelas pada siklus I dan II terdapat peningkatan sebesar 7,88 atau 23,87%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numeberd Head Together pada materi surat dinas dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat dinas. Penelitian lanjutan terkait peningkatan keterampilan menulis surat dinas dapat menggunakan model, strategi, metode, dan media yang lain sebagai upaya pengembangan kreativitas dalam pembelajaran menulis. Kata Kunci: menulis surat dinas, model pembelajaran Numbered Head Together
Abstrak (Inggris)Sriwinarsih, Fitri. 2018. "Improving Skills in Writing Official Letters Through Cooperative Learning Models of Numbered Head Together Type in Students of Class VII D of SMP N 4 Purwokerto", Skripsi, Faculty of Humanities Jenderal Soedirman University. This research is entitled "Improving Skills in Writing Official Letters Through Cooperative Learning Models of Numbered Head Together Type in Students of Class VII D of SMP N 4 Purwokerto". This study aims to improve the skills of writing official letters to students of class VII D Purwokerto State Middle School 4. This classroom action research was carried out in two cycles, namely cycle I and cycle II. The subject of this study was the skill of writing official letters through the Cooperative type Numbered Head Together learning model. The technique in this study uses test and non-test techniques. Test technique is in the form of official letter writing skills test results. The non-test techniques in this study are observation, giving questionnaires, interviews, and photo documentation. Data collection techniques in this study use quantitative techniques to calculate the results of writing tests, and qualitative techniques are used to describe the results of non-test. The results of this study indicate an increase in the skills of writing official letters through Numbered Head Together type cooperative learning models. The average grade in the first cycle was 71.36 in the good category. Cycle II experienced an increase of 79.24 in the good category. The results of the acquisition of the average class in cycle I and II there was an increase of 7.88 or 23.87%. Based on the results of the research that has been done, that the application of the Numbered Head Together type cooperative learning model in the official letter material can improve students' skills in writing official letters. Further research related to the improvement of official letter writing skills can use models, strategies, methods and other media as an effort to develop creativity in writing learn Keywords: writing official letter, Numbered Head Together learning model
Kata Kuncimenulis surat dinas, model pembelajaran Numbered Head Together
Nama Pembimbing 1Dra. Dyah Wijayawati, M.Pd.
Nama Pembimbing 2Lalita Melasarianti, S,Pd., M.Pd.
Tahun2018
Jumlah Halaman138
Page generated in 0.0693 seconds.