View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1G014063
Nama MahasiswaKARTIKA LESTARI
Judul ArtikelGINOKRITIK PENGARANG AYU UTAMI DALAM TRILOGI NOVEL BILANGAN FU: BILANGAN FU, MANJALI DAN CAKRABIRAWA DAN LALITA
AbstrakSkripsi ini berjudul “Ginokritik Pengarang Ayu Utami dalam Trilogi Novel Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa dan Lalita”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kepenulisan pengarang perempuan dalam kategorisasi aspek biologi, bahasa, psikologi dan budaya dalam trilogi novel Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa dan Lalita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah trilogi novel Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa dan Lalita. karya Ayu Utami. Fokus penelitian berupa ginokritik terhadap penulis perempuan dalam sumbangsihnya kepada arus pemikiran feminisme. Data diperoleh melalui teknik membaca, menyimak, menginventarisasi data, dan mengklasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada trilogi novel Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa dan Lalita mengerucut pada konsep universalisme yang pengarang tulis melalui rangkaian aspek biologi yang membahas mengenai androginitas, bahasa mengenai bahasa perempuan yang pengarang beri nama estetika banal, psikologi yang merunut ketidaksempurnaan manusia melepas diri dari tubuh maternal sehingga menjadi pengaruh oedipus complex pada laki-laki, serta penutup aspek budaya yang merangkumi seluruh kerangka penulisan menuju sinkretisme yang berujung pada keuniversalitasan yang akhirnya pengarang beri nama spiritualisme kritis.
Abstrak (Inggris)This research is entitled " Ginokritik Pengarang Ayu Utami dalam Trilogi Novel Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa dan Lalita”. The purpose of this study was to describe the authorship of female authors in the categorization of aspects of biology, language, psychology and culture in the novel trilogy of Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa and Lalita. This study uses a qualitative descriptive research method. The source of the data in this study is a novel trilogy of Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa and Lalita by Ayu Utami. The focus of research is in the form of gynocritics against female writers in their contribution to the flow of feminism thinking. Data is obtained through the techniques of reading, listening, inventorying data, and classifying. The results of this study indicate that in the novel trilogy of Bilangan Fu: Bilangan Fu, Manjali dan Cakrabirawa and Lalita converge on the concept of universalism, which is the author of writing through a series of aspects of biology that discusses androginity, the language of female language which the author names banal aesthetics, psychology that traces imperfections humans break away from the maternal body so that it becomes the influence of oedipus complex on men, as well as the closing of cultural aspects that encompass the entire framework of writing towards syncretism which leads to universality which the author finally named critical spiritualism.
Kata Kunciginokritik, Ayu Utami, universalisme, spiritualisme kritis
Nama Pembimbing 1Imam Suhardi, S.S.,M.Hum.
Nama Pembimbing 2Sri Nani Hariyanti, M.Hum.
Tahun2018
Jumlah Halaman256
Page generated in 0.0529 seconds.