View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C013030
Nama MahasiswaMUGI MUSTAKIM
Judul ArtikelAnalisis Kepuasan Konsumen Pisang Leleh di Toko Pisang Leleh di Kelurahan Grendeng Purwokerto Utara
AbstrakKepuasan konsumen merupakan perilaku konsumen yang terjadi pasca pembelian. Kepuasan terjadi apabila kinerja produk melebihi atau sesuai harapan konsumen. Bagi usaha yang bertujuan mendapatkan keuntungan, kepuasan konsumen adalah sesuatu yang selalu ingin dicapai, begitu juga usaha Pisang Leleh. Berdasarkan survei pendahuluan, konsumen yang datang ke Toko Pisang Leleh mencapai lebih dari 100 orang per hari. Menurut pemilik usaha, pendapatan usaha Pisang Leleh mencapai Rp900.000.000 pada tahun 2016. Masalahnya adalah belum diketahui berapa besar tingkat kepuasan konsumen tersebut. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kepuasan konsumen Pisang Leleh, dan 2) mengetahui atribut yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumen Pisang Leleh. Penelitian dilakukan di Toko Pisang Leleh di Jl. Kampus, Grendeng, Purwokerto Utara. Penelitian dilakukan selama 30 hari pada bulan Oktober - November 2017. Obyek penelitian adalah konsumen yang berstatus sebagai mahasiswa. Konsumen dijadikan sebagai responden yang diberikan pertanyaan melalui kuesioner. Responden yang diambil adalah sebanyak 100 orang sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling insidental. Analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, analisis Customer Satisfaction Index, dan Importance Performance Analisyst. Uji validitas dan reliabialitas digunakan untuk mengetahui keabsahan suatu kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan karakteristik konsumen dan pembeliannya. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysist (IPA) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan atribut yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen Pisang Leleh adalah sebesar 76,40%. Nilai tersebut masuk dalam kriteria puas karena berada pada rentang 66% - 80,99%, artinya bahwa secara umum konsumen merasa puas terhadap atribut-atribut Pisang Leleh. Atribut yang memiliki kinerja paling tinggi atau memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumen adalah rasa, variasi rasa, dan pelayanan. Sedangkan atribut yang memiliki kinerja paling rendah adalah harga dan lokasi.
Abstrak (Inggris)Consumer satisfaction is a consumer behavior that occurs after purchase. Satisfaction occurs when product performance exceeds or matches consumer expectations. For a business that aims to gain profit, consumer satisfaction is something that always wanted to be achieved, as well as Pisang Leleh business. Based on a preliminary survey, consumers who came to the Pisang Shop reached more than 100 people per day. According to business owners, Pisang Leleh business revenues reached Rp900,000,000 in 2016. The problem is not yet known how much the level of customer satisfaction. The research aims to 1) to know the level of satisfaction of Pisang Leleh consumer, and 2) to know the attribute that gives the highest satisfaction to Pisang Leleh consumer. The study was conducted at the Pisang Leleh Shop on Jl. Campus, Grendeng, North Purwokerto. The study was conducted for 30 days in October - November 2017. The object of research is the consumer status as a student. Consumer made as respondents who were given questions through questionnaires. Respondents were taken as many as 100 people as a sample. Sampling was done by incidental sampling method. The analysis used is the test of validity and reliability, descriptive analysis, analysis of Customer Satisfaction Index, and Importance Performance Analysts. Test validity and reliabialitas used to determine the validity of a questionnaire as a research instrument. Descriptive analysis is used to explain consumer characteristics and purchases. Analysis of Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analyist (IPA) is used to determine the level of customer satisfaction and attribute that gives the highest satisfaction to the consumers. The results showed that the level of satisfaction Pisang Leleh consumer is equal to 76.40%. Value is included in the criteria satisfied because it is in the range 66% - 80.99%, meaning that in general consumers are satisfied with the attributes of Pisang Leleh. Attributes that have the highest performance or provide the highest satisfaction to the consumer is the taste, taste, variety and service. While attributes that have the lowest performance is the price and location.
Kata KunciPisang, Kepuasan Konsumen
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Kusmantoro Edy S, M. S.
Nama Pembimbing 2Ir. Bambang Sumanto, M. Sc.
Tahun2019
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0543 seconds.