View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)B1K014029
Nama MahasiswaLUTFIA NIRWANA
Judul ArtikelDISTRIBUTION AND ABUNDANCE OF Geloina expansa IN CORRELATION WITH MANGROVE HABITAT CONDITION WITH EMPHASIZE OF SALINITY AT SEGARA ANAKAN, CILACAP
AbstrakKerang totok (Geloina expansa) memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat di sekitar Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah. Populasi, kelimpahan, dan distribusi kerang totok dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, seperti salinitas air. Sehingga, perlu dilakukan penelitian yang dapat memberikan informasi tentang hubungan korelasi antara distribusi dan kelimpahan G. expansa dengan kondisi habitat mangrove dengan penekanan pada salinitas. Bedasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola distribusi dan kelimpahan dari populasi kerang totok di Segara Anakan, untuk mengetahui kondisi mangrove habitat dengan penekanan pada salinitas air di Segara Anakan, dan untuk menganalisis hubungan korelasi antara distribusi dan kelimpahan G. expansa dengan kondisi habitat mangrove dengan penekanan pada salinitas di Segara Anakan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik purposive sampling. Sampling dilakukan pada 11 stasiun yang berlokasi di Segara Anakan, Cilacap. Variable dari penelitian ini adalah distribusi dan kelimpahan kerang totok, Index Nilai Penting dari mangrove, dan faktor lingkungan seperti salinitas air; pH air; DO; temperature air; temperature udara; pH tanah; tipe dan jenis tanah; kandungan air; dan kandungan bahan organik. Parameter dari penelitian ini adalah jumlah individu G. expansa dan individu spesies mangrove. Penelitian ini menggunakan BIO-ENV untuk menganalisis hubungan antara salinitas dan kondisi habitat mangrove dengan kelimpahan dan distribusi kerang totok (G. expansa). Penelitian ini menunjukan adanya hubungan korelasi antara kelimpahan G. expansa dan kondisi habitat mangrove. Kelimpahan G. expansa terbanyak yaitu 5.31 ind.m-2 pada Stasiun 2, yang memiliki salinitas air sebesar 34 ppt. Index dispersi dari G. expansa populasi adalah 1.22. Spesies mangrove yang dominan pada penelitian ini dikedua katagori pohon dan pancang yaitu Nypa fruticans. Sedangkan, untuk kategori tumbuhan bawah yaitu Acanthus ebracteatus. Korelasi antara kelimpahan G. expansa dengan struktur vegetasi mangrove yaitu diantara 0.476 hingga 0.508, dengan tiga nilai korelasi tertinggi yaitu pohon Rhizophora mucronata, tumbuhan bawah Derris trifoliata, dan pancang Aegiceras corniculatum dibandingkan dengan 24 spesies mangrove pada kategorinya. Penelitian ini menunjukan nilai korelasi salinitas air dengan kelimpahan G. expansa yaitu 0.089, sedangkan faktor lingkungan lainnya seperti kandungan bahan organik dan persentase dari kandungan pasir yaitu 0.499. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu distribusi dan kelimpahan G. expansa di Segara Anakan adalah mengelompok pada Stasiun 2, yang tidak dipengaruhi oleh salinitas air yang memiliki dinamika pada fluktuasinya disebabkan oleh curah hujan. Akan tetapi, distribusi dan kelimpahan G. expansa dipengaruhi oleh kandungan bahan organik dan persentase dari kandungan pasir dalam tanah.
Abstrak (Inggris)Mangrove clams (Geloina expansa) have high economic value for local communities at Segara Anakan, Cilacap, Central Java. The population, abundance, and distribution of mangrove clams are influenced by several environmental factors such as water salinity. Therefore, the research about the correlation between distribution and abundance of G. expansa with the mangrove habitat condition with emphasize on the salinity which needs to be studied. The aims of this research were to know the distribution pattern and abundance of mangrove clam population at Segara Anakan, to know the mangrove habitat condition with emphasizing of salinity at Segara Anakan, and to evaluate the correlation between distribution and abundance of G. expansa with the mangrove habitat condition with emphasizing salinity at Segara Anakan. This research was conducted by survey method with purposive sampling technique. Sampling was done at 11 stations located in the western part of Segara Anakan, Cilacap. Variables of this research were distribution and abundance of mangrove clams, Important Value Index of mangrove and environmental factors i.e. water salinity; water pH; dissolved oxygen; water temperature; air temperature; pH soil; soil type and soil texture; water content; and organic content at Segara Anakan, Cilacap. Parameters in this research were an individual number of G. expansa and individual number species mangrove. BIO-ENV used to evaluate the relationship between salinity and mangrove condition with the abundance and distribution of mangrove clams (G. expansa). This study showed that an abundance of G. expansa and mangrove habitat condition has a relation. The most abundance of G. expansa was 5.31 ind.m-2 at Station 2, which has 34 ppt of water salinity. The dispersion index of G. expansa population was 1.22. The dominant species mangroves in this research both to categories of tree and sapling was Nypa fruticans. Meanwhile, for undergrowth categories was Acanthus ebracteatus. The correlation of G. expansa abundance with the mangrove vegetation structure was equal to 0.476 until 0.508, which three higher correlation value was a tree of Rhizophora mucronata, undergrowth of Derris trifoliata, and sapling of Aegiceras corniculatum than 24 species on their categories. This research showed that water salinity with an abundance of G. expansa has correlation value 0.089, whereas the other environmental factors such as organic content and percent of sand content has 0.499. The conclusion of this research was the distribution and abundance of G. expansa at Segara Anakan was an aggregate at Station 2, were not influenced water salinity which has very dynamic fluctuation affected by rain intensity. Meanwhile, it was influenced by organic content and percent of sand content on soil.
Kata KunciMangrove clams, G. expansa, habitat condition, Segara Anakan Cilacap.
Nama Pembimbing 1Dr.rer.nat. Erwin Riyanto Ardli, S.Si., M.Sc
Nama Pembimbing 2Drs. Edy Yani, M.S.
Tahun2019
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0642 seconds.