View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A012025
Nama MahasiswaARUNI FAZA
Judul ArtikelAksi Bullying Di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas (Analisis Kasus Bullying Dalam Serial Drama Korea Who Are You: School 2015)
AbstrakMasa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara kanak-kanak dan masa dewasa. Pada masa ini remaja memiliki kematangan emosi, sosial, fisik dan psikis. Remaja juga merupakan tahapan perkembangan yang harus dilewati dengan berbagai kesulitan. Pada masa ini remaja memiliki kondisi psikis yang sangat labil, karena pada masa remaja merupakaan fase seseorang dalam pencarian jati diri. Pada masa remaja ketertarikan dan komitmen kepada reman sebaya menjadi sangat kuat. Hal ini karena remaja merasa bahwa orang dewasa tidak dapat memahami mereka, sehingga hanya dengan teman sebaya ada kedekatan fisik maupun psikis. Mereka kadang bergurau melampaui batas kewajaran sehingga tanpa disadari itu membuat orang lain menderita. Hal yang demikian akan menimbulkan bullying. Bullying adalah fenomena yang telah lama terjadi di kalangan remaja. Pelaku bullying akan mengintimidasi temannya. Dalam Drama Korea Who Are You: School 2015 menggambarkan bagaimana bullying yang dilakukan remaja Sekolah Menengah Atas. Dalam film tersebut bullying yang terjadi karena adanya dendam. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bullying yang terjadi dalam Drama Korea tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode ini dipilih untuk mengeksplorasi dan memahami isi dari film tersebut, yang akan dikaji lebih dalam dengan menggunakan teknik semiotik. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini mencoba mengungkapkan bagaimana bullying dilakukan oleh teman sebaya kepada temannya sendiri karena didasarkan oleh perasaan dendam. Diceritakan bahwa Kang So-young memiliki dendam kepada Eun-bi dikarenakan So-young marah saat Eun-bi melaporkannya pada guru bahwa So-young telah membully teman sekelasnya, hal tersebut mengakibatkan hukuman skorsing selama beberapa hari. Dalam film ini terdapat sebelas adegan yang menggambarkan bagaimana bullying yang dilakukan Kang So-young dan teman-temannya kepada Eun-bi. Dalam kesebelas adegan itu menunjukkan bahwa Eun-bi merasa tertekan secara psikis dan kekerasan fisik yang diterimanya akibat bullying.
Abstrak (Inggris)Adolescence is a phase of development between childhood and adulthood. At this time adolescents have emotional, social, physical and psychological maturity. Teenagers are also developmental stages that must be overcome with various difficulties. At this time adolescents have very unstable psychological conditions, because in adolescence is a person's phase in the search for identity. In adolescence, interest and commitment to peer age become very strong. This is because adolescents feel that adults cannot understand them, so that only with peers there is physical and psychological closeness. They sometimes joke beyond the limits of reasonableness so that without realizing it makes others suffer. This will cause bullying. Bullying is a phenomenon that has long happened to teenagers. The perpetrators of bullying will intimidate their friends. In Korean Drama Who Are You: School 2015 illustrates how bullying is done by high school teenagers. In the film, bullying occurs because of revenge. This is what makes researchers interested in knowing the bullying that occurred in the Korean Drama. The research method used is descriptive qualitative. This method was chosen to explore and understand the contents of the film, which will be studied more deeply using semiotic techniques. Based on the results of the study, this study tries to reveal how bullying is done by peers to their own friends because it is based on feelings of revenge. It is said that Kang So-young has a grudge against Eun-bi because So-young was angry when Eun-bi reported to the teacher that So-young had bullied his classmates, which resulted in several days' suspension. In this film there are eleven scenes that illustrate how bullying Kang So-young and his friends did to Eun-bi. In the eleventh scene it shows that Eun-bi feels psychologically depressed and the physical violence she receives due to bullying.
Kata KunciRemaja, Bullying, Drama Korea
Nama Pembimbing 1Prof.Dr.Imam Santosa, M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs. Nalfaridas B., M.Hum
Tahun2019
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0645 seconds.