View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1F017013
Nama MahasiswaRAHMAWATI NUR JANNAH
Judul ArtikelPENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN KEHAMILAN REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I CILONGOK
AbstrakLatar belakang : Kehamilan remaja merupakan salah satu penyebab secara tidak langsung tingginya Angka Kematian Ibu (AKI). Tingginya angka kehamilan remaja dipengaruhi oleh karena kurangnya pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan kehamilan remaja. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan kehamilan remaja. Metodologi : Penelitian ini merupakan true experiment dengan menggunakan randomized control trial dengan jumlah responden 48 , terbagi dalam kelompok intervensi 24 responden dan kelompok kontrol 24 responden. Kelompok intervensi diberikan pendidikan kesehatan melalui audio visual. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan paired t test, independent t test, Wilcoxon dan Mann whitney. Hasil Penelitian : Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest pengetahuan antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol (p=0,001). Demikian juga dengan nilai variabel sikap menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest sikap antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,04). Kesimpulan : Pendidikan kesehatan melalui audio visual secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan kehamilan remaja. Kata kunci :. audio visual, kehamilan remaja, pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap.
Abstrak (Inggris)Background: Teenage pregnancy is one of the indirect causes of high maternal mortality, the high rate of teenage pregnancy is influenced by one of them due to lack of knowledge and attitudes. This study aims to determine the effect of health education through audio visual on teenages’ knowledge and attitudes in preventing teenage pregnancy. Method : This study was a true experiment using randomized control trials with 48 respondents, divided into 24 respondents of intervention group and 24 respondents of control group. The intervention group was given health education through audio visual. The research instrument used a questionnaire. The data were examined using Paired t-test, Independent t-test, Wilcoxon and Mann Whitney Results: The statistical test results showed that there were significant differences in the posttest of knowledge between the intervention group and the control group (p=0,001). Likewise, the value of the attitude variable indicates that there are significant differences in posttest attitudes between the intervention group and the control group (p=0,04) Conclusion: Health education through audio visual could significantly improve the teenages’ knowledge and attitudes about prevention of teenage pregnancy Keywords: audio visual, teenage pregnancy, health education, knowledge, attitude.
Kata Kunciaudio visual, kehamilan remaja, pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap.
Nama Pembimbing 1Ns. MEKAR DWI ANGGRAENI, S.Kep., MKep., Ph.D
Nama Pembimbing 2Ns. NINA SETIAWATI, M. Kep
Tahun2019
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0528 seconds.