View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C014060
Nama MahasiswaGHINA MELITA
Judul ArtikelDinamika Komunikasi Antar Budaya Dalam Menghadapi Culture Shock Pada Proses Adaptasi Mahasiswa Indonesia di Universitas Technische Hochschule Mittelhessen, Jerman
AbstrakKomunikasi memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Kebutuhan tersebut salah satunya adalah pendidikan dan pekerjaan yang membuat mereka melakukan mobilitas sosial. Di era globalisasi, mobilitas manusia semakin tinggi di mana teknologi dan transportasi semakin maju. Kemajuan tersebut dimanfaatkan oleh pelajar Indonesia yang memutuskan merantau ke luar negeri untuk melanjutkan studinya. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendorong terjadinya dinamika komunikasi antarbudaya dalam menghadapi culture shock pada proses adaptasi serta mendeskripsikan hambatan-hambatan komunikasi yang ditemukan saat proses adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia di Universitas Technische Hochschule Mittelhessen (THM), Jerman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini Teori Akomodasi Komunikasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terjadinya dinamika komunikasi antarbudaya dalam menghadapi culture shock pada proses adaptasi mahasiswa Indonesia di Universitas THM, Jerman didorong oleh adanya perbedaan bahasa, perbedaan budaya, dan efektivitas komunikasi. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan konvergensi dan divergensi. Perbedaan bahasa menjadi hambatan dalam proses adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa THM, Jerman.
Abstrak (Inggris)Communication has an important role in the fulfillment of human needs like education and jobs that makes people do social mobility. In the era of globalization, people’s mobility gets higher because of the development of technology and transportation. The development then used by Indonesian students to go abroad to continue their studies. This study tried to determine and analyze the factors of dynamics of intercultural communication to face culture shock in the process of adaptation happened and to describe the communication barriers were found during the adaptation process carried out by the Indonesian student at the Technische Hochschule Mittelhessen (THM), Germany. This study used qualitative methods. The theory used in this study is Communication Accommodation Theory. In this study, it was found that the dynamics of intercultural communication to face culture shock in the process of adaptation of Indonesian students at the University of THM, Germany happened because of differences in language, cultural differences, and the effectiveness of communication. But it can be overcome by making accommodation communication convergence and divergence. Furthermore, this research found that language differences is the problem for the Indonesian students during the adaptations process.
Kata KunciDinamika komunikasi antarbudaya, culture shock, adaptasi, Teori Akomodasi Komunikasi
Nama Pembimbing 1Dr. Toto Sugito, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. S. Bekti Istiyanto, M.Si
Tahun2019
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.067 seconds.