View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015018
Nama MahasiswaALIF BAGASWARA
Judul ArtikelSTRATEGI PENINGKATAN KINERJA ATRIBUT PRODUK BUAH MELALUI PEMASARAN ONLINE DALAM UPAYA MERAIH KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI KOJAMA SHOP)
AbstrakPemasaran produk-produk pertanian tidak hanya dilakukan secara konvensional melainkan sudah merambah ke platform online, produk yang banyak dipasarkan melalui platform online adalah buah dan sayur. Pemasaran melalui platform online menjadikan persaingan antar pelaku usaha semakin terbuka, dalam upaya untuk meraih keberhasilan dalam bisnis ini produsen harus dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen dengan cara menerapkan strategi yang dapat meningkatkan kinerja dari atribut produk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kepuasan konsumen Kojama Shop; (2) Mengetahui kinerja masing-masing atribut; dan (3) Menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen Kojama Shop. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik survei. Analisis data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan konsumen terhadap atribut produk Kojama Shop sangat tinggi. Namun masih terdapat beberapa atribut yang harus ditingkatkan. Atribut produk yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki yaitu kedekatan dengan petani dan keterjangkauan harga. Strategi yang dapat diterapkan yaitu meningkatkan informasi yang menunjukan kedekatan dengan petani dan menghadirkan produk dengan harga yang lebih terjangkau.
Abstrak (Inggris)Marketing of agricultural products is not only done conventionally but has been added to online platforms, products that are widely marketed through online platforms are fruit and vegetables. Marketing through online platforms makes competition between companies more open, in need to gain success in this business, producers must be able to provide satisfaction to consumers by promoting strategies that can increase performance of product atributes. . This study aims to (1) Know the level of customer satisfaction at Kojama Shop; (2) Knowing the performance of each attribute; and (3) Determine the right strategy to increase consumer satisfaction Kojama Shop. The research design used in this study is qualitative research and data collection using survey techniques. Data analysis using the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA). The results showed that consumer satisfaction with Kojama Shop's product attributes was very high. Still some attributes that must be improved. Product attributes that must be prioritized for improvement are closeness to farmers and affordability of prices. A strategy that can be applied increases information that points to closeness to farmers and provides products at a more affordable price.
Kata KunciAtribut produk, buah, kinerja, kepuasan konsumen, pemasaran online
Nama Pembimbing 1Akhmad Rizqul Karim, S.P., M.Sc.
Nama Pembimbing 2Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D.
Tahun2019
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0653 seconds.