View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1A015046
Nama MahasiswaADITYA OCTORA PUTRA HERMAWAN
Judul ArtikelAUTOMATED GUIDED VEHICLE BERBASIS GLOBAL POSITIONING SYSTEM DENGAN PENDATAAN DATABASE MELALUI PAPAN MIKROKONTROLER RODIT
AbstrakDalam era Revolusi Industri 4.0 saat ini, pengaplikasian teknologi dalam dunia industri sudah berkembang sangat pesat yang ditandai dengan banyaknya sistem otomatis. Tetapi pada proses pendistribusian, banyak sistem yang digunakan masih secara manual. Melalui sistem otomatisasi khususnya dalam proses pendistribusiann, pelaku industri akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Sistem pendistribusian otomatis ini dilakukan oleh kendaraan otomatis yang dikenal sebagai Automated Guided Vehicle (AGV). AGV dalam mendistribusikan barang, dikendalikan melalui data lokasi yang sudah direkam, sehingga AGV dapat berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan lalu mendata object yang ada. Sistem AGV inilah yang menjadi studi kasus penelitian tugas akhir penulis. Pada penelitian tugas akhir ini, metode yang digunakan adalah metode penyesuaian antara data eksak AGV dengan waypoint yang sudah ditentukan (data perkiraan. Kemudian terdapat pendataan pada object yang disimpan menuju website yang dimonitoring. Selanjutnya untuk menghindari adanya kecelakaan kerja ditambahkan sensor ultrasonic sebagai pendeteksi penghalang. Dari hasil penelitian ini, dipilih rute dengan enam waypoint dan data hasil penelitian yang menunjukkan keberhasilan dalam mendistribusikan object di waypoint yang telah ditentukan yakni 2,3, dan 5. Adapun galat yang ditimbulkan mendekati 0% (0.0000134% sampai -0.0077001%) sehingga cukup membuktikan bahwa penelitian ini dapat direalisasikan.
Abstrak (Inggris)In the current era of the Industrial Revolution 4.0, the application of technology in the industrial world has developed very rapidly which is characterized by the many automatic systems. But in the process of distribution, many systems are used manually. Through automation systems, especially in the distribution process, industry players will get more profits. This automatic distribution system is carried out by automatic vehicles known as Automated Guided Vehicles (AGV). AGV in distributing goods, is controlled through location data that has been recorded, so that AGV can run according to what has been determined and then record existing objects. This AGV system is the final thesis research case. In this final project research, the method used is the method of adjusting between exact AGV data and predetermined waypoints (estimated data. Then there is data collection on objects stored towards the website being monitored. Furthermore, to avoid work accidents ultrasonic sensors are added as barrier detectors. From the results of this study, a route with six waypoints and research data that shows success in distributing objects in the specified waypoints is 2.3, and 5. The errors caused are close to 0% (0.0000134% to -0.0077001%) so that it is sufficient prove that this research can be realized.
Kata KunciAGV, IoT, Mobil, Revolusi Industri, Rodit
Nama Pembimbing 1Priswanto, S.T., M.Eng.
Nama Pembimbing 2Mulki Indana Z, S.T., M.T.
Tahun2019
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0454 seconds.