View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)B1A015075
Nama MahasiswaNADIA KHOERINA
Judul ArtikelINTENSITAS Trichodina sp. PADA BENIH IKAN LELE MUTIARA (Clarias gariepinus) MILIK PETANI IKAN DI KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA
AbstrakKutasari merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu mata pencaharian masyarakat di Kutasari adalah sebagai petani ikan. Salah satu ikan yang dibudidayakan oleh petani ikan di Kutasari adalah ikan lele. Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang diunggulkan peningkatan produksinya oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ikan lele yang dibudidayakan oleh petani ikan di Kutasari adalah ikan lele strain Mutiara. Namun, ternyata dalam budidaya ikan lele memunculkan suatu kendala yakni infeksi serangan berbagai parasit. Salah satu jenis protozoa yang menyerang ikan lele yaitu Trichodina sp.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas dan spesies parasit Trichodina sp. yang menginfeksi benih ikan lele mutiara (Clarias gariepinus) yang dibudidayakan oleh petani ikan di Kutasari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan pada benih ikan lele mutiara yang berukuran 2-5 cm. Trichodina sp. diamati dari lendir ikan yang kemudian diwarnai dengan AgNO3. Intensitas Trichodina sp. pada penelitian ini adalah 145,56 individu/ekor dan termasuk dalam kategori tingkat infeksi yang sangat parah. Hasil identifikasi spesies Trichodina sp. pada benih ikan lele mutiara milik petani ikan di Kutasari ditemukan 3 spesies, yaitu (1) T. heterodentata, (2) T. magna, dan (3) T. acuta.
Abstrak (Inggris)Kutasari is one of the sub-districts in Purbalingga Regency, Central Java. One of Kutasari Citizen livelihood is fish farming. One of the fish cultivated by fish farmers in Kutasari is catfish. Catfish is one of the freshwater fisheries commodities in which is favored by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries for its production to increase. Catfish cultivated by fish farmers in Kutasari are catfish from pearl strains. However, catfish farming can raise obstacle which is various parasitic attacks. One of protozoa species reported attacking catfish is Trichodina sp. This study aims to determine the intensity of Trichodina sp. and to identify the species of Trichodina sp. found in pearl catfish (C. gariepinus) which cultivated by fish farmers in Kutasari, Purbalingga Regency. This study was done to pearl catfish fish sized 2-5 cm. Trichodina sp. was obeserved from fish mucus and later stained with AgNO3. The intesity of Trichodina sp. in this study is 145,56 individual/head and categorized as very severe. The identification of Trichodina sp. species in pearl catfish fries from fish farmers in Kutasari detected 3 spesies, which are (1) T. heterodentata, (2) T. magna, dan (3) T. acuta.
Kata KunciIkan lele mutiara, Trichodina sp., intensitas, morfologi, morfometrik, meristik, identifikasi.
Nama Pembimbing 1drh. Rokhmani, M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs. Edy Riwidiharso, M.S.
Tahun2019
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0702 seconds.