View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B015031
Nama MahasiswaSEPTI NURWARASATI
Judul ArtikelKepemimpinan Transformasional Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen
AbstrakDalam menghadapi SDM yang terbatas, pemimpin harus melakukan beberapa upaya untuk memaksimalkan kinerja pegawai dengan SDM yang ada. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan menerapkan kepemimpinan transformasional. Gaya kepemimpinan transformasional dianggap sebagai gaya kepemimpinan yang modern dan relevan dalam berbagai situasi termasuk pada organisasi publik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Kebumen dilihat dari gaya transformasional serta menyelesaikan kesenjangan yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripstif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang pemimpin di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen sudah menerapkan kepemimpinan yang transformasional dengan fokus penelitian mengacu pada teori transformasional Bass (2010) yanag mencakup 4 aspek, yaitu idealized influence, intllectual stimulation, individualized consideration, inspirational motivation. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kepemimpinan transformasional di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen sesuai dengan 4 aspek yang dikemukakan oleh Bass dan dapat menyelesaikan kesenjangan yang ada di dinas tersebut. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) lebih menekankan pentingnya visi misi terhadap bawahan, (2) penerapan sistem organisasi secara kekeluargaan, (3) pelatihan yang intensif terhadap pegawai, (4) penerapan prinsip transformasional yang bersifat semi formal.
Abstrak (Inggris)Limited human resources (HR) is a challenge, Under these conditions, leaders must make several efforts to maximize the performance of employees with existing HR. One of these efforts is by applying transformational leadership. Transformational leadership style is considered as a modern and relevant leadership style in various situations including public organizations. Therefore this study aims to describe the leadership applied by the Head of the Archives and Library Office of Kebumen Regency in terms of transformational style and resolving gaps in the Kebumen District Archives and Library Service. The research method used is descriptive qualitative. Data obtained through interviews and documentation. Informants were selected using purposive sampling technique. The results of this study indicate that a leader in the Kebumen District Archives and Library Service has applied transformational leadership with a research focus referring to Bass's (2010) transformational theory which includes 4 aspects, namely idealized influence, intellectual stimulation, individualized consideration, inspirational motivation. This study concludes that the application of transformational leadership in the Kebumen District Archives and Library Service is in accordance with 4 aspects proposed by Bass and can resolve the gaps that exist in the agency. Suggestions proposed in this study are: (1) emphasizing the importance of the vision and mission of subordinates, (2) the application of a family organization system, (3) intensive training of employees, (4) the application of semi-formal transformational principles.
Kata KunciDinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Pemimpin, Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan Transformasional.
Nama Pembimbing 1Drs. Mahmud Setiahadi, M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. wahyuningrat, M.Si.
Tahun2015
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.038 seconds.