View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C015018
Nama MahasiswaHASBI FAUZI RAMADHAN
Judul ArtikelPemanfaatan Media Sosial Sebagai Media komunikasi Pemasaran Dan Promosi Trans Jateng Dalam Menarik Minat Konsumen
AbstrakPada era sekarang ini perkembangan teknologi bergerak sangat cepat. Begitupun didalam teknologi informasi, yang mana pada era sekarang terkenal dengan era digital. Didalam era digital ini segala informasi dapat dicari dan dibagi. Didalam era digital terdapat media sosial, yang mana didalam media sosial dapat melakukan interaksi dengan orang banyak. Perkemabangan media sosial ini dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran, salah satu yang menggunakan media sosial dijadikan sebagai alat informasi dan pemasaran yaitu BRT Trans Jateng. BRT Trans Jateng memberikan informasi kepada para konsumennya menggunakan media sosial karena efektif dilakukan karena dapat diakses secara cepat dan disebarkan secara luas. Tujuan utama dari pemanfaatan media sosial ini untuk menarik para konsumen dan calon konsumen untuk menggunaan BRT Trans Jateng terutama rute Purwokerto – Purbalingga. Fenomena ini dijadikan penulis sebagai sebuah penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran dan Promosi Trans Jateng Dalam Menarik Minat Konsumen”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media promosi Trans Jateng (rute Purwokerto- Purbalingga) dalam menarik minat konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media promosi Trans Jateng (rute Purwokerto- Purbalingga) dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Serta teori yang digunakan didalampenelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence dan Process ) dan Promotion Mix (Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Publicity and Direct Marketing) . Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dapat diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dilapangan . Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa promosi BRT Trans Jateng rute Purwokerto – Purbalingga didalam media sosial Instagram, Facebook dan Youtube sangatlah efektif dilakukan. Melihat dari respond beberasa narasumber yang diwawancarai menunjukan bahwa peranan media sosial dianggap sebagai media yang sangat efektif, karena dapat menjangkau masyarakat secara cepat dan luas. Jumlah penumpang juga terus meningkat dilihat dari data perbulan.
Abstrak (Inggris)In the current era, technological developments are moving very fast. Like in information technology, which in the present era is famous for the digital era. In this digital era all information can be searched and shared. In the digital era there is social media, in social media we can interact with many people. The development of social media can be used for a marketing , one of which uses social media as an information and marketing is BRT Trans Jateng. BRT Trans Jateng provides information to consumers using social media, because it is effective, it can be accessed quickly and widely disseminated. The main purpose of the use of social media is to attract consumers and potential consumers to use BRT Trans Jateng , especially Purwokerto - Purbalingga route. Writer use this phenomenon as a study. The tittle of this research is " Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran dan Promosi Trans Jateng Dalam Menarik Minat Konsumen ". The problem statement of this study is how the use of social media as a promotional media for BRT Trans Jateng (Purwokerto-Purbalingga route) in attracting consumer interest. The purpose of this study is to find out how the use of social media as a promotional media for BRT Trans Jateng (Purwokerto-Purbalingga route) in attracting consumer interest. This study uses a qualitative method. The theory in this research uses the theory of marketing communication 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence and Process) and Promtion mix there are (Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Publicity and Direct Marketing). The data sources used are primary data and secondary data that can be obtained from the results of interviews and observations in the field. Based on the data analysis conducted, the result is that the promotion of BRT Trans Jateng in Purwokerto - Purbalingga route on Instagram, Facebook and Youtube social media was very effective. Looking at the responses of several interviewees, it was shown that the role of social media was considered a very effective media, because it could reach the community quickly and widely. The number of passengers also increase seen from monthly data.
Kata KunciPemasaran , Pemanfaatan, Media, Komunikasi
Nama Pembimbing 1Dr. Muh Sulthan, M.Si.
Nama Pembimbing 2P. Imam Prawoto Jati, S.Sos., M.I.Kom
Tahun2019
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0546 seconds.