View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C015037
Nama MahasiswaNISA NABILA
Judul ArtikelKomunikasi Antarpribadi Aide Teacher Dengan Siswa Slow Learner Dalam Proses Belajar Pada Kelas Inklusif Di SMP Al-Irsyad Purwokerto
AbstrakPenenlitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan pola komunikasi antarpribadi aide teacher dengan siswa slow learner di SMP Al-Irsyad Purwokerto. Predikat anak berkebutuhan khusus pastilah membuat proses komunikasi menjadi terhambat. Proses komunikasi yang terjadi memiliki ciri khas tersendiri sesuai kemampuan siswa slow learner. Pada penelitian ini, digunakan teori interaksi simbolik untuk menganalisis temuan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa proses komunikasi yang terjadi antara aide teacher dan siswa slow learner menggunakan interaksi simbolik. Komunikasi yang digunakan adalah pemberian simbol untuk mengganti kalimat yang dianggap rumit. Setiap siswa slow learner memiliki tingkat pemahaman terhadap pesan yang berbeda sesuai kategori yang mereka dapatkan. Selain itu siswa slow learner juga menggunakan komunikasi nonverbal berupa gerak tubuh, dan ekspresi wajah. Aide Teacher mendampingi siswa slow learner pada mata pelajaran yang berbeda sesuai kemampuan mereka. Hambatan yang kerap ditemui aide teacher adalah mood dari masing-masing siswa slow learner yang tidak mudah untuk ditebak. Serta untuk menyatukan pemikiran dibutuhkan waktu yang lama. Kata kunci: komunikasi antarpribadi, slow learner, interkasi simbolik.
Abstrak (Inggris)This research aims to disclose and explain the patterns of interpersonal communication between aide teacher and slow learner students in SMP Al-Irsyad Purwokerto. The predicate as a diffable person obviously obstructs the process of communication; as its result, the communication that occurs has its own characteristics based on the ability of slow learner students. This research applies the theory of symbolic interactionism in order to analyze the findings of the research. This research applies descriptive qualitative method; meanwhile the informants of this research are chosen by employing purposive sampling method. The data are acquired by conducting in-depth interview, observation, and documentation. The data are analyzed by employing Miles and Huberman’s data analysis method. The results of this research show that the process of communication between aide teacher and slow-learner students comes in the form of symbolic interaction. The use of symbols become a medium to replace difficult vocabularies. Every slow learner student has different level of understanding based on their categories. In addition, slow learner students also use non-verbal communications in the forms of body language and facial expression. Aide Teacher accompanies slow learner students in various lessons according to his/her skill. The obstacle that the aide teacher often face is the unpredictable mood of each slow learner students, and the time needed to synchronize both the mind of aide teacher and slow learner students. Keywords: interpersonal communication, slow learner, symbolic interactionism.
Kata KunciKata kunci: komunikasi antarpribadi, slow learner, interkasi simbolik.
Nama Pembimbing 1Toto Sugito
Nama Pembimbing 2Nana Sutikna
Tahun2019
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0471 seconds.