View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C015012
Nama MahasiswaMUHAMMAD DIMAS GAMAWAN
Judul ArtikelPengaruh Blackpink sebagai Brand Ambassador terhadap Brand Awareness Shopee dalam Iklan Shopee 12.12 pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman
AbstrakBrand ambassador dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dari khalayak. Shopee sebagai salah satu aplikasi perbelanjaan populer di Indonesia menjadikan Blackpink sebagai brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Blackpink sebagai brand ambassador terhadap brand awareness Shopee dalam iklan Shopee 12.12. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 67 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed yang pernah melihat iklan Shopee bersama Blackpink. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah brand ambassador Blackpink berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness Shopee. Dimensi visibility memiliki total nilai mean paling tinggi, kemudian disusul dimensi attraction, dimensi credibility dan power. Penggunaan Blackpink sebagai brand ambassador dalam iklan Shopee 12.12 mempermudah khalayak untuk dapat mengingat kembali (recall) Shopee setelah responden melihat iklan Shopee versi Blackpink. Blackpink juga dapat memberikan informasi seperti promo Shopee 12.12 setelah responden melihat iklan.
Abstrak (Inggris)Brand ambassadors can be used as a promotion and marketing to increase brand awareness of the audience. Shopee is one of the popular e-commerce in Indonesia chose Blackpink as Shopee's brand ambassador. This research aims to explain the influence of Blackpink as a brand ambassador for Shopee's brand awareness in Shopee 12.12 ads. The method used in this research is a quantitative descriptive method and using questionnaires distributed to 67 students of Communication Studies FISIP Unsoed who have seen Shopee advertisements with Blackpink. The sampling technique in this study was a simple random sampling technique. The results of this research are X variable namely Blackpink brand ambassadors have a positive and significant effect on the Y variable that is Shopee's brand awareness. Visibility has the highest mean value on Viscap dimension, then follows the attraction, credibility, and power. It shows that the fame and attractiveness of a brand ambassador is an important value to increase product brand awareness. The use of Blackpink as a brand ambassador in Shopee 12.12 ads can make the audience easier to recall Shopee. Blackpink can also deliver information such as promo of Shopee 12.12 after the respondent sees the Blackpink version of Shopee ads.
Kata Kuncibrand ambassador, brand awareness, stimulus organisme respon, iklan.
Nama Pembimbing 1Shinta Prastyanti, M.A
Nama Pembimbing 2Dian Bestari Santi Rahayu, S.IP., M.I.Kom
Tahun2019
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.078 seconds.