View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A014003
Nama MahasiswaANVEL MAHFRISA
Judul ArtikelPendidikan Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Pendidikan Berbasis Agroforestri MTs PAKIS)
AbstrakArtikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan sistem pendidikan berbasis masyarakat dengan kearifan lokal yakni agroforestri yang diterapkan di MTs PAKIS Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Sekolah ini bertujuan untuk menjadikan peserta didiknya sadar akan potensi lingkungan sekitarnya serta dapat meningkatkan taraf pendidikan masyarakat desa pinggiran hutan. Penelitian ini dilakukan di MTs PAKIS serta masyarakat sekitarnya dengan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman dan menggunakan teknik triangulasi data dalam proses validasi datanya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sistem pembelajaran di MTs PAKIS menerapkan model pembelajaran berbasis agroforestri sebagai kearifan lokal. Penerapan berbasis agroforestri bertujuan supaya peserta didik dapat mengetahui pontensi lingkungan sekitarnya yang merupakan desa pinggir hutan sehingga proses pembelajaran diharapkan tidak mencerabut peserta didik dari kultur masyarakatnya. Proses pembelajaran di MTs PAKIS berprinsip kerelawanan sehingga belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Pembelajaran di MTs PAKIS dibagi menjadi dua jadwal pembelajaran yaitu jadwal umum yang mempelajari mata pelajaran akademik serta jadwal khusus yang mempelajari keterampilan. Pembelajaran melibatkan orang tua peserta didik, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum.
Abstrak (Inggris)This research is aimed to describe the community-based education system with the local wisdom of agroforestry which is implemented at MTs PAKIS Pesawahan Hamlet, Gununglurah Village, Cilongok Sub-district, Banyumas Regency to make the students aware of the potential of the surrounding environment and increase the level of education of the community in the forest suburbs. This research was done at MTs PAKIS and the local communities using the qualitative method. The data were collected from the result of observation, interview, and the documentation study. The analysis method used in this research was Miles and Huberman’s interactive analysis and used data triangulation technique in the process of data validation. The result of this research explains that the teaching and learning system at MTs PAKIS applied the agroforestry-based learning model as the local wisdom. Through the agroforestry-based application, it is aimed to enable students to know the potential of their surrounding environment which is a village in the forest suburbs so that the process of teaching and learning is expected not to revoke the students from the culture of the community. The process of teaching and learning at MTs PAKIS has a principle in volunteerism which enables the students to learn anywhere, anytime and with anyone. Teaching and learning at MTs Pakis is divided into two teaching and learning schedules named general schedule which studies the formal subjects and special schedule which focuses on learning skills. The teaching and learning activity involves the students’ parents, religious leaders, and general public.
Kata Kuncipendidikan berbasis masyarakat, proses pembelajaran, agroforestri
Nama Pembimbing 1Dr. Nanang Martono, M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Rahmad Santosa, M.S.
Tahun2019
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0703 seconds.