View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015040
Nama MahasiswaWIWIT FIRDA RIANDINI
Judul ArtikelIDENTIFIKASI TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN MANISAN CARICA PADA CV YUASAFOOD BERKAH MAKMUR WONOSOBO
AbstrakManisan carica merupakan hasil olahan agroindustri unggulan di Kabupaten Wonosobo, hal tersebut menyebabkan semakin banyak bermunculan industri yang menghasilkan manisan carica, salah satunya adalah CV Yuasafood Berkah Makmur yang telah berdiri sejak tahun 2001. Meningkatnya persaingan industri pengolahan manisan carica di Wonosobo, menyebakan konsumen mudah berpindah ke produk manisan carica pada industri lain. CV Yuasafood Berkah Makmur perlu memahami perilaku konsumen terhadap produknya agar dapat mempertahankan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kepuasan konsumen manisan carica pada CV Yuasafood Berkah Makmur, 2) mengetahui atribut apa saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan konsumen manisan carica pada CV Yuasafood Berkah Makmur, dan 3) mengetahui tingkat loyalitas konsumen manisan carica pada CV Yuasafood Berkah Makmur. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari sampai dengan 6 Maret 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jumlah konsumen yang dijadikan responden sebanyak 80 orang, yang penentuannya menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan Piramida Loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kepuasan konsumen manisan carica di Toko Yuasafood sebesar 82,12 persen, nilai tersebut berada pada kriteria “sangat puas”. 2) atribut yang perlu diperbaiki yaitu promosi, kesigapan pramuniaga dalam melayani, dan penanganan keluhan konsumen. 3) tingkat loyalitas konsumen manisan carica di Toko Yuasafood dianggap sudah loyal, karena persentase committed buyer lebih besar dibandingkan dengan switcher buyer.
Abstrak (Inggris)Sweets carica is a product of the best agro-industry in Wonosobo Regency, this has led to emerging more and more industries that produce sweets carica, one of the company known as CV Yuasafood Berkah Makmur has been established since 2001. Increasing competition for the sweets carica processing industry in Wonosobo, has caused consumers to easly move to other industrial sweets carica. CV Yuasafood Berkah Makmur needs to understand consumer behavior towards their products in order to be able to maintain their customers. This research aims to: 1) know the level of consumer satisfaction of sweets carica on CV Yuasafood Berkah Makmur, 2) know the kind of attributes that is needed to be improved to increase the consumer satisfaction of sweets carica at CV Yuasafood Berkah Makmur, and 3) know the level of consumer loyalty at CV Yuasafood Berkah Makmur. This research was conducted in February 12th until March 6th 2019. The research method used is survey method. The number of consumers used as respondents was 80 people, using purposive sampling method. The analytical tools used are Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), and Loyalty Pyramid. The results of the study shown: 1) the level of consumer satisfaction for sweets carica at Yuasafood store was 82,12 percent, the value was at criteria of very satisfied. 2) the attributes that must be improved, namely promotion, alertness of salespeople in serving, and handling consumer complaints. 3) the consumer loyalty level of sweets carica in Yuasafood store is considered to be loyal, because the percentage of committed buyers is greater than the switcher buyer.
Kata KunciManisan Carica, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D.
Tahun2019
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0481 seconds.