View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015021
Nama MahasiswaFITRI LESTARI
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOPI PADA KEDAI KOPI DI PURWOKERTO
AbstrakBanyaknya kedai kopi yang berada di kota Purwokerto menyebabkan persaingan yang ketat antar kedai kopi. untuk memenangkan dalam persaingan yang ketat tersebut maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat oleh pengelola kedai. Pengelola kedai kopi dituntut harus mengetahui karakteristik konsumen dan apa saja yang menjadi kebutuhan, keinginan, serta selera rata-rata penikmat kopi konsumen kopi di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen kedai kopi di purwokerto, 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi pada kedai kopi di Purwokerto, dan 3) mengetahui cita rasa kopi yang seperti apa yang paling diinginkan oleh konsumen. Penelitian dilaksanakan di empat kedai kopi yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Purwokerto yaitu yaitu Singgah Coffee & Book (Purwokerto Utara), Badrei Coffee (Purwokerto Selatan), Society Coffee House (Purwokerto Timur), dan Rumah Kopi Pemuda (Purwokerto Barat). Metode yang digunakan untuk mengambil responden adalah metode non probability sampling, dimana setiap anggota populasi tidak mempunyai peluang atau kemungkinan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Teknik non probability sampling yang dipilih yaitu dengan purposive sampling yaitu sampel diambil berdasarkan pada pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan karakteristik konsumen yang didominasi oleh laki-laki oleh laki-laki dengan rentang usia 17 hingga 24 tahun berprofesi sebagai pelajar atau mahasiswa dan belum menikah serta memiliki pendapatan rata-rata per bulan atau uang saku dibawah Rp500.000 dengan latar belakang pendidikan terakhir yang ditempuh adalah SMA. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian kopi pada kedai kopi di Purwokerto adalah faktor penyajian dan promosi, faktor individu, faktor pelayanan, fasilitas, dan tempat, faktor kualitas kopi, faktor sosial, faktor psikologis, faktor budaya, faktor informasi kedai kopi, dan faktor keputusan pembelian. Cita rasa yang diinginkan konsumen ialah aroma buah dengan tingkat keasaman medium dan kekentalan yang ringan sehingga dapat menikmati kopi dengan nikmat.
Abstrak (Inggris)The large number of coffee shops that are located in the town of Purwokerto cause intense competition between the coffee shop. to win in the competitive pressure that the right marketing strategies required by the provider of the tavern. Coffee shop manager required must know the characteristics of the consumers and what be needs, wants, as well as the tastes of the average consumer of coffee coffee connoisseur in the present or in the foreseeable future. This research aims to 1) identifying characteristics of consumer coffee shop in purwokerto, 2) identifying factors that affect consumer decisions in purchasing coffee at a coffee shop in Purwokerto, and 3) to know the taste of coffee like what most desired by consumers. The research was carried out at four coffee shops that is representative of each of the districts in Purwokerto Singgah Coffee & Book (Purwokerto Utara), Badrei Coffee (Purwokerto Selatan), Society Coffee House (Purwokerto Timur), and Rumah Kopi Pemuda (Purwokerto Barat). The method used to retrieve the respondents is the method the non probability sampling, where each Member of the population do not have the same opportunities or possibilities for the sample. Technique of non probability sampling are chosen by purposive sampling namely sample taken based on certain considerations. Based on the research results obtained by the characteristics of the consumers that are dominated by men by men with an age range of 17 to 24-year profession as a student or student and unmarried, and has average revenue per month or allowance under Rp500.000 with the last educational background is is high school. Factors that affect consumer decisions in buying coffee at a coffee shop in Purwokerto is a factor of presentation and promotion, individual factors, services, facilities, and quality factors, place coffee, social factors, factors psychological, cultural factors, factor information coffee shop, and purchase decisions. The desired consumer taste is fruity aroma with medium acidity and a light viscosity so that it can enjoy coffee with scrumptious.
Kata KunciKedai kopi, keputusan pembelian, analisis faktor, dan cita rasa
Nama Pembimbing 1Ir. Endang Sriningsih, M.P
Nama Pembimbing 2Ir. Sri Widarni, M.Si
Tahun2019
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.0615 seconds.