View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A115018
Nama MahasiswaADIAN HUSAINI
Judul ArtikelAnalisis Preferensi Konsumen dalam Pembelian Gula Kelapa di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kabupaten Banyumas
AbstrakGula kelapa cetak merupakan bahan makanan pokok untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri pengolah makanan. Kabupaten Banyumas merupakan salah satu daerah penghasil gula kelapa terbesar di Provinsi Jawa Tengah. Perajin gula kelapa cetak perlu mengetahui preferensi konsumen terhadap gula kelapa cetak, sehingga keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap gula kelapa cetak dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap kategori atribut yang dipertimbangkan dalam pembelian gula kelapa cetak di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Banyumas (2) Mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut yang paling dominan dalam pembelian gula kelapa cetak di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Banyumas (3) Mengidentifikasi peringkat kepentingan atribut gula kelapa cetak pada pasar tradisional dan pasar modern di Kabupaten Banyumas yang menjadi pertimbangan dalam pembelian gula kelapa cetak (4) Mengidentifikasi preferensi atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian gula kelapa cetak di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Banyumas. Penelitian dilaksanakan di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Banyumas pada bulan Maret hingga April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yang diperoleh sampel 120 responden konsumen gula kelapa cetak. Analisis yang digunakan adalah Cochran Q Test dan Conjoint. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian gula kelapa cetak yaitu rasa sebanyak 119 orang, warna sebanyak 120 orang, aroma sebanyak 116 orang dan bentuk gula kelapa cetak sebanyak 115 orang (2) Atribut yang paling dominan dipertimbangkan dalam pembelian adalah warna gula kelapa cetak sebanyak 120 orang (3) Peringkat kepentingan atribut yang menjadi bahan pertimbangan dalam pembelian gula kelapa cetak adalah warna (48,66%), rasa (20,80%), aroma (16,13%) dan bentuk (14.40%). (4) Preferensi konsumen terhadap atribut gula kelapa cetak adalah konsumen menyukai gula yang memiliki warna cokelat (0,87%), rasa manis (0,32%), aroma nira kelapa (0,25%) dan bentuk cetakan bambu (0,22%). Kata kunci : Gula Kelapa, Preferensi, Pasar, Cochran Q Test, Conjoint
Abstrak (Inggris)Coconut sugar is a staple food for household and food processing industries. Banyumas Regency is one of the largest coconut sugar producing regions in Central Java Province. Coconut sugar makers need to know consumer preferences for coconut sugar, so that the desires and needs of consumers for coconut sugar can be fulfilled. The objectives of this study are: (1) to identify consumer preferences for the attribute categories considered in the purchase of coconut sugar in traditional markets and modern markets in Banyumas Regency (2) Knowing consumer preferences for the most dominant attributes in purchasing coconut sugar in traditional markets and modern markets in Banyumas Regency (3) Identifying the ranking of the importance of coconut sugar attributes on traditional markets and modern markets in Banyumas District which is a consideration in purchasing coconut sugar (4) Identifying attribute preferences that consumers consider in purchasing coconut sugar in traditional markets and modern markets in Banyumas Regency. The research was conducted in the traditional market and modern market of Banyumas Regency in March-April 2019. The research method used was survey method and sample determination using Accidental Sampling method which obtained 120 respondents of coconut sugar consumers. The analysis used was Cochran Q Test and Conjoint. The results showed that: (1) Attributes that were considered by consumers in purchasing coconut sugar, namely taste as many as 119 people, color as many as 120 people, aroma as many as 116 people and the form of printed coconut sugar as many as 115 people (2) The most dominant attribute considered in the purchase is the color of coconut sugar as many as 120 people (3) The rating of the attributes that are taken into account in purchasing coconut sugar is the color (48.66%), taste (20.80%), aroma (16.13%) and shapes (14.40 %). (4) Consumer preference for the attributes of coconut sugar is that consumers like coconut sugar which has brown color (0.87%), sweetness (0.32%), aroma of coconut sap (0.25%) and bamboo mold form (0, 22%). Keywords: Coconut Sugar, Preferences, Market, Cochran Q Test, Conjoint
Kata KunciGula Kelapa, Preferensi, Pasar, Cochran Q Test, Conjoint
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Ulfah Nurdiani, S.P., M.Sc.
Tahun2019
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.1095 seconds.