View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L015049
Nama MahasiswaDINA ROSADI
Judul ArtikelPENGARUH LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN, CARA BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 BANYUMAS
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan pondok pesantren, cara belajar, dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Banyumas yang berada di pondok pesantren Al – Amien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Banyumas yang berada di pondok pesantren Al – Amien sebanyak 155 siswa dengan menggunakan teknik sampling proportionate random sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 112 responden. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F, uji t. hasil penelitian ini yaitu, 1) Lingkungan pondok pesantren berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Banyumas yang berada di lingkungan pondok pesantren Al – Amien, yang dibuktikan dengan nilai t_hitung 2,216 > t_tabel 1,982. 2) Cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Banyumas yang berada di pondok pesantren Al – Amien, yang dibuktikan dengan t_hitung 3,700 > t_tabel 1,982. 3) Kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Banyumas yang berada di pondok pesantren Al – Amien, yang dibuktikan dengan t_hitung 3,284 > t_tabel 1,982. Nilai koefisien determinasi (R^2) kontribusi variabel lingkungan pondok pesantren, cara belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 37,1% sedangkan 62,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Abstrak (Inggris)This research is a quantitative research with survey method. This study aims to find out and analyze the influence of the environment of Islamic boarding schools, ways of learning, and study habits on learning outcomes of grade X students MAN 1 Banyumas who study in Al - Amien boarding schools. The population in this study were all students of class X MAN 1 Banyumas who were in Al-Amien Islamic boarding school as many as 155 students by using proportionate random sampling technique and producing a sample of 112 respondents. Interviews and observations echniques are used to collect the data. Multiple linear regression, coefficient of determination, F test, and t test are used to analysed the data. The results of this study showed, 1) The environment of Islamic boarding school influences the learning outcomes of grade X students MAN 1 Banyumas who study in the Al-Amien boarding school environment, as evidenced by the value of t-count 2.216> t table 1.982. 2) The way of learning has an effect on the learning outcomes of grade X student MAN 1 Banyumas in the Al-Amien Islamic boarding school, as evidenced by the tcount of 3,700> ttable 1,982. 3) Learning habits affect the learning outcomes of class X MAN 1 Banyumas in the Al-Amien Islamic boarding school, as evidenced by t-count 3,284> t-table 1,982. The coefficient of determination (R2) contribution of environmental variables of boarding schools, ways of learning and learning habits on student learning outcomes is 37.1% while 62.9% is influenced by other variables not examined.
Kata KunciKata kunci : Lingkungan Pondok Pesantren, Cara Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar
Nama Pembimbing 1Dra. Sri Murni Setyawati, MM, Ph.D
Nama Pembimbing 2Dra. Sri Martini, M.Si
Tahun2019
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0536 seconds.