View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)B1K014008
Nama MahasiswaGABRIELLA ASHARI TANUDHARMA
Judul ArtikelMOLECULAR PHYLOGENY OF TEDDY BEAR, SKYSCRAPER, LEMON QUEEN SUNFLOWER CULTIVARS AND COMMON SUNFLOWER USING RAPD MARKERS
AbstrakHelianthus atau bunga matahari adalah genus tanaman yang terdiri dari sekitar 70 spesies. Bunga matahari dan anggota Helianthae lainnya dibudidayakan di daerah beriklim sedang dan beberapa daerah tropis sebagai tanaman pangan untuk manusia, sapi, dan unggas, dan sebagai tanaman hias. Bunga matahari bernilai dari sudut pandang ekonomi dan ornamental. Ada banyak kultivar bunga matahari termasuk Teddy Bear, Skyscraper, dan Lemon Queen. Variasi di antara kultivar ini dapat dipelajari menggunakan teknik molekuler dan hasilnya dapat digunakan untuk mengembangkan filogeni di antara mereka. Random Amplified Polymorphic DNA (RAPD) adalah salah satu teknik molekuler yang dapat digunakan untuk tujuan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk filogeni dari tiga kultivar bunga matahari dan bunga matahari biasa berdasarkan penanda RAPD. Primer RAPD yang digunakan dalam penelitian ini adalah OPA-2, OPA-9, OPA-13, OPB-2, OPB-4, OPB5, OPB-7, dan OPB-11. RAPD adalah teknik dasar PCR yang memperkuat fragmen DNA dengan primer acak. Analisis data berdasarkan data molekuler menunjukkan bahwa Lemon Queen dan Skyscraper memiliki hubungan terdekat diikuti oleh Teddy Bear, dan Common sunflower.
Abstrak (Inggris)Helianthus or sunflower is a genus of plants comprising about 70 species. Common sunflower and other member of Helianthae are cultivated in temperate regions and some tropical regions as food crops for humans, cattle, and poultry, and as ornamental plants. The common sunflower is valuable from an economic and ornamental point of view. There are many cultivars of sunflower including teddy bear, skyscraper, and lemon queen. Variation among these cultivars can be studied using molecular techniques and the result can be used to develop the phylogeny among them. Random Amplified DNA Polymorphism (RAPD) is one of molecular techniques that can be used for this purpose. The purpose of this study was to the phylogeny of three sunflower cultivars and common sunflower based on RAPD markers. Therefore, RAPD primers used in this study are OPA-2, OPA-9, OPA-13, OPB-2, OPB-4, OPB5, OPB-7, and OPB-11. RAPD is a PCR base technique which amplify DNA fragments with random primers. Data analysis based on molecular data showed that Lemon Queen and Skyscraper has the closest relationship followed by Teddy Bear, and Common sunflower at the farthest.
Kata Kuncisunflower; genetic diversity; primer; RAPD; phylogeny
Nama Pembimbing 1Dr.sc.Agr. N D Sasongko, M.App. Sc.
Nama Pembimbing 2Ir. Alice Yuniaty, M. Sc.,Ph. D.
Tahun2019
Jumlah Halaman39
Page generated in 0.0624 seconds.