View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015033
Nama MahasiswaCANDRA WIRA PENAGRI
Judul ArtikelAnalisis Marjin Pemasaran Tahu di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus
AbstrakKecamatan Bae merupakan salah satu daerah produksi tahu di Kabupaten Kudus. Berkembangnya suatu usaha salah satunya dipengaruhi oleh pola pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui saluran pemasaran pada industri kecil tahu di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus dan 2) mengetahui besarnya a) biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran, b) rasio keuntungan dan biaya, c) marjin pemasaran dan d) producer’s share pada setiap saluran pemasaran di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 April 2019 hingga 1 Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode penentuan responden produsen tahu di Kecamatan Bae dilakukan secara sensus, sedangkan penentuan sampel responden lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran, rasio keuntungan dan biaya, marjin pemasaran, dan producer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat tiga pola saluran pemasaran tahu yaitu, saluran pemasaran I terdiri atas Produsen - Konsumen, saluran pemasaran II terdiri atas Produsen - Pedagang pengecer - Konsumen. Saluran pemasaran III terdiri atas Produsen - Pedagang Besar - Pedagang pengecer - Konsumen dan 2) Biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran terbesar pada saluran III. Rasio keuntungan dan biaya terkecil pada saluran III. Marjin pemasaran terkecil yaitu saluran I. Producer’s share terbesar pada saluran I.
Abstrak (Inggris)Bae District is one of tofu producers area in Kudus Regency. The development of business is influenced by marketing pattern. This research aims to: 1) knowing the marketing channels in small tofu industries in Bae District, Kudus Regency and 2) knowing the amount of a) marketing costs and marketing profits, b) cost and profits ratio, c) marketing margins and d) producer’s share in each marketing channel in Bae District, Kudus Regency. Determination of the location of the study was done by deliberately (purposive). This research was conducted on April 1, 2019, until May 1, 2019. The research method used was a survey. The method of determining the respondents of tofu producers in Bae District is carried out in census, meanwhile, determining the sample of respondents of marketing institutions using the snowball sampling method. Analysis of the data used is marketing costs and marketing profits, profits and costs ratio,marketing margin analysis, and producer's share analysis. The results showed that: 1) there are three patterns of marketing channels to know namely, marketing channels I consist of Producers - Consumers. Marketing channels II consist of Producers - Retailers - Consumers. Marketing channel III consists of Producers -Wholesalers - Retailers --Consumers and 2) The biggest marketing costs and marketing profits on channel III. The lowest profit and cost ratio in channel III. The smallest marketing margin is channel I. Producer’s largest share on channel I.
Kata KunciTahu, Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran
Nama Pembimbing 1Budi Dharmawan, S.P., M.Si.,Ph.D
Nama Pembimbing 2Indah Widyarini, S.P., M.Sc
Tahun2019
Jumlah Halaman72
Page generated in 0.0538 seconds.