View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015012
Nama MahasiswaFEBY NURHAYATI
Judul ArtikelANALISIS EFISIENSI PEMASARAN MANGGIS (Garcinia mangostana L.) DI KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN PANGANDARAN
AbstrakKecamatan Cigugur merupakan penghasil manggis dengan jumlah produksi terbesar di Kabupaten Pangandaran. Manggis di Kecamatan Cigugur telah memasuki pasar ekspor sejak 2006, tetapi posisi tawar petani masih lemah karena masih berlakunya sistem tebasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) marjin pemasaran 2) farmer’s share 3) efisiensi pemasaran. Penelitian dilaksanakan di Desa Cimindi dan Desa Bunisari Kecamatan Cigugur pada 15 April 2019 sampai 23 Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penentuan sampel petani menggunakan metode proportional random sampling dan rumus slovin, sedangkan penentuan sampel pedagang menggunakan metode snowball sampling sehingga diperoleh 24 petani, 9 pedagang pengumpul, 2 pedagang besar, dan 1 eksportir. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) nilai marjin terendah berada di saluran pemasaran II. 2) farmer’s share tertinggi berada di saluran pemasaran II 3) saluran pemasaran manggis di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran yang efisien terdapat pada saluran pemasaran II.
Abstrak (Inggris)Cigugur Subdistrict is a mangosteen producer with the largest production in Pangandaran Regency. Mangosteen in Cigugur Subdistrict has entered the export market since 2006 but the bargaining position of farmers is still weak because the slash system is still in effect. This study aims to determine; 1) marketing margin 2) farmer’s share 3) marketing efficiency. The study was conducted in Cimindi Village and Bunisari Village, Cigugur Sub-District on April 15, 2019 until May 23, 2019. The research method used was the survey method. Determination of farmer samples using the proportional random sampling method and Slovin formula, while determining the merchant sample using the snowball sampling method to obtain 24 farmers, 9 collectors, 2 wholesalers, and 1 exporter. Research results show that 1) the lowest margin value is in marketing channel II 2) the highest farmer's share is in marketing channel II 3) the efficient marketing channel is in channel II.
Kata KunciManggis, farmer's share, efisiensi pemasaran
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Kusmantoro Edy Sularso, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Endang Sriningsih, M.P.
Tahun2019
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0726 seconds.