View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A115008
Nama MahasiswaSAFIRA KHAIRUNNISA
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK DI KOTA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakSayuran organik merupakan komoditas hortikultura yang memiliki keunggulan yaitu terbebas dari residu pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan keamanan mengonsumsi sayuran organik, menyebabkan kebutuhan dan permintaan akan sayuran organik di pasar semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui karakteristik konsumen yang membeli sayuran organik di Kota Purwokerto 2) menganalisis faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Purwokerto dan 3) mengetahui faktor yang paling dominan bagi konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Purwokerto. Lokasi pengambilan data dilaksanakan di Moro, Rita Isola, Aroma, Cherry, dan Sunday Morning Gor Satria pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sedangkan penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling yakni menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Karakteristik konsumen pembeli sayuran organik di Kota Purwokerto yakni sebagian besar berumur antara 41 sampai 45 tahun, jenis kelamin perempuan, kebanyakan lulus Pendidikan tinggi, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, pendapatan konsumen antara Rp2.000.001,00 sampai Rp3.500.000,00 perbulan dan dengan intensitas pembelian sayuran organik sebanyak > 4 kali dalam satu bulan, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli sayuran organik di Kota Purwokerto terdiri dari delapan faktor, yaitu faktor individu, faktor distribusi, faktor produk, faktor promosi, faktor harga, faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologi, (3) Faktor yang paling dominan atau paling penting bagi konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Purwokerto adalah faktor sosial dengan variabel kesadaran diri sendiri dalam mengkonsumsi sayuran organik.
Abstrak (Inggris)Organic vegetables are horticultural commodities that have the advantage of being free from pesticide residues and other hazardous chemicals. Increased public awareness of the importance of health and safety of consuming organic vegetables, causes the demand and demand for organic vegetables in the market to increase. The purpose of this study was to 1) determine the characteristics of consumers who buy organic vegetables in Purwokerto City 2) analyze the factors considered by consumers in purchasing organic vegetables in Purwokerto City and 3) find out the most dominant factors for consumers in purchasing organic vegetables in the City Purwokerto Location of data collection was carried out in Moro, Rita Isola, Aroma, Cherry, and Sunday Morning Gor Satria in April to May 2019. The research method used was a survey method, while the determination of the sample was using the non probability sampling method, namely using accidental sampling. The analysis used in this study is factor analysis. The results showed that (1) The characteristics of organic merchant consumers in Purwokerto City were mostly aged between 41 to 45 years, female sex, the highest average education, occupations as housewives, consumer income between Rp. 2,000,001.00 to Rp. 3,500,000.00 per month and with the intensity of purchasing organic vegetables as much as> 4 times, (2) The factors that influence consumers in buying organic vegetables in Purwokerto City consist of eight factors, namely individual factors, distribution factors, product factors, promotion factors , price factors, cultural factors, social factors and psychological factors, (3) The most dominant or most important factor for consumers in purchasing organic vegetables in Purwokerto City is social factors with self-awareness variables in consuming organic vegetables.
Kata Kuncisayuran organik, perilaku konsumen, analisis faktor
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Tatang Widjojoko, M.P
Tahun2019
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.1507 seconds.