View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1B013012
Nama MahasiswaSURYA DIGITA PUTRI
Judul ArtikelHUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG CITRA KLINIK INTEGRASI DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
AbstrakHUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG CITRA KLINIK INTEGRASI DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Surya Digita Putri1, Arih Diyaning Intiasari2, Budi Aji3 1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman 2,3Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman Latar Belakang : Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman (RSGM Unsoed) memiiki angka kunjungan yang fluktuatif disetiap tahunnya. Jumlah kunjungan yang berfluktuasi tersebut dapat disebabkan karena masalah pemasaran rumah sakit, khususnya pada segi persepsi pasien tentang citra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan persepsi pasien tentang citra klinik integrasi di RSGM Unsoed. Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 responden. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil Penelitian : Karakteristik responden didominasi perempuan (71,9%) dengan umur 17-25 tahun (65,2%), pendidikan terakhir yang ditempuh SMA/sederajat (76,4%), dan pekerjaan pelajar/mahasiswa (53,9%). Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara bauran pemasaran produk (p-value=0,13 < 0,05), harga (p-value=0,00 < 0,05), tempat (p-value=0,00 < 0,05), dan promosi (p-value=0,00 < 0,05) dengan persepsi pasien tentang citra. Kesimpulan: Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara bauran pemasaran dengan persepsi pasien tentang citra klinik integrasi di RSGM Unsoed. Kata Kunci : bauran pemasaran, persepsi, citra, RSGM.
Abstrak (Inggris)RELATION OF MARKETING MIX WITH THE PATIENT'S PERCEPTION ABOUT IMAGE OF CLINIC INTEGRATION IN THE DENTAL HOSPITAL AND MOUTH OF JENDERAL SOEDIRMAN UNIVERSITY Surya Digita Putri1, Arih Diyaning Intiasari2, Budi Aji3 1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman 2,3Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman Background : Dental Hospital and Mouth of Jenderal Soedirman University (RSGM Unsoed) represents the number of visits which fluctuate every year. The number of visits fluctuated that can be caused due to problems marketing the hospital, particularly in terms of the perception of the patient about the image. The purpose of this study was to determine the relationship of marketing mix with the patient's perception about the image of the clinic integration in RSGM Unsoed. Methods : Type of research used was observational with cross sectional study. The number of samples in this study were 89 respondents. Data analysis using chi-square test. Result : The characteristics respondents are predominantly female (to 71.9%) with the age of 17-25 years (65,2%), the last education taken by high was senior high school/equivalent (76,4%), and the work of the student (53,9%). The results showed no relationship between the marketing mix product (p-value=0,13 < 0,05), price (p-value=0,00 < 0,05), place (p-value=0,00 < 0,05), and promotion (p-value=0,00 < 0.05) with the perception of the patient about the image. Conclusion : The conclusion of this research is there is a relationship between marketing mix with the patient's perception about the image of the clinic integration in RSGM Unsoed. Keywords : marketing mix, perception, image, RSGM.
Kata Kuncibauran pemasaran, persepsi, citra, RSGM.
Nama Pembimbing 1Dr. Arih Diyaning Intiasari, S.KM., M.PH
Nama Pembimbing 2Dr. sc.hum. Budi Aji, S.KM., M.Sc
Tahun2019
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0606 seconds.