View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)B1A015033
Nama MahasiswaNURUL AIMMATUN NISA
Judul ArtikelPENGARUH KONSENTRASI GLUKOSA DAN WAKTU INKUBASI YANG BERBEDA TERHADAP PRODUKSI β-GLUKAN Auricularia auricula
AbstrakJamur Auricularia auricula (jamur kuping) telah digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan dimanfaatkan sebagai bahan pangan (edible mushroom) maupun obat (medicinal mushroom). A. auricula mengandung β-glukan yang berpotensi sebagai antitumor, antikanker dan immunomodulator. β-glukan dapat diisolasi dari tubuh buah, miselium dan filtrat kultur medium jamur dan diekstraksi menggunakan metode Yap & Ng. Pertumbuhan dan produksi β-glukan jamur dipengaruhi oleh konsentrasi glukosa dan waktu inkubasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi glukosa dalam medium dan waktu inkubasi yang berbeda untuk pertumbuhan A. auricula dan mengetahui konsentrasi glukosa dalam medium dan waktu inkubasi yang optimal untuk produksi β-glukan dari A. auricula. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi glukosa 10, 20 dan 30 g/L, dan faktor ke dua adalah waktu inkubasi 20, 25 dan 30 hari. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada tingkat kepercayaan 95% kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi glukosa dalam medium dan waktu inkubasi terbaik untuk pertumbuhan miselium A. auricula pada konsentrasi glukosa 20 g/L dalam waktu inkubasi 30 hari dengan bobot kering miselium 0,76 g/100 mL. Tidak ada interaksi antara konsentrasi glukosa dalam medium dan waktu inkubasi untuk produksi β-glukan dari filtrat kultur dan miselium jamur A. auricula. Konsentrasi glukosa yang optimal untuk produksi β-glukan dari filtrat kultur jamur A. auricula adalah konsentrasi 20 g/L yaitu dengan bobot β-glukan 0,16 g/100 mL. Waktu inkubasi yang optimal untuk produksi β-glukan dari miselium jamur A. auricula adalah 30 hari dengan bobot β-glukan 0,12 g/100 mL.
Abstrak (Inggris)Auricularia auricula (ear mushroom) has been used by Indonesian people and it used as food (edible mushroom) and medicine (medicinal mushroom). A. auricula contains β-glucans which have the potential as antitumor, anticancer and immunomodulator. β-glucans can be isolated from fruit bodies, mycelium and mushroom culture filtrate that extracted using the Yap & Ng method. The growth and production of β-glucan fungi are affected by glucose concentration and incubation time. The purpose of this research was to determine the effect of different glucose concentrations in the medium and incubation time for A. auricula growth and to determine the optimal glucose concentration in the medium and incubation time for β-glucan production from A. auricula. This research used experimental method. The experimental design used was a Completely Randomized Design with Factorial pattern (CRD Factorial). Two factors used were glucose concentration and incubation time. The first factor is glucose concentration (10, 20 and 30 g / L), and the second factor is the incubation time (20, 25 and 30 days). The data were analyzed using analysis of variance (ANOVA) at a 95% confidence level. ANOVA test results were significantly followed by the Duncan Multiple Range Test (DMRT). The results showed that glucose concentration in the medium and the best incubation time for the growth of mycelium A. auricula were at a glucose concentration of 20 g/L in an incubation time of 30 days with mycelium dry weight 0,76 g/100 mL. There was no interaction between glucose concentration in the medium and incubation time for the production of β-glucans from culture filtrate and the fungus mycelium A. auricula. The optimal glucose concentration for β-glucan production from the A. auricula culture filtrate was of 20 g / L (0,16 g / 100 mL). The optimal incubation time for β-glucan production from the A. auricula mycelium was 30 days (0,12 g / 100 mL).
Kata KunciAuricularia auricula, β-glukan, konsentrasi glukosa medium, waktu inkubasi
Nama Pembimbing 1Dr. Nuraeni Ekowati, M. S.
Nama Pembimbing 2Dra. Dyah Fitri Kusharyati, M. P.
Tahun2019
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.053 seconds.