View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1C015044
Nama MahasiswaMIA RACHMIATI NUR HIDAYAH
Judul ArtikelEvaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Oleh Apoteker Di Ruang Farmasi Puskesmas Purwokerto Timur I
AbstrakTujuan : Mengetahui gambaran kepuasan pasien dan hubungan kepuasan dengan kelompok karakteristik berdasarkan perbedaan skor kepuasan pada kelompok jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap pelayanan oleh apoteker di Puskesmas. Metodologi : Studi observasional dengan desain cross-sectional. Pengukuran kepuasan diukur dengan kuesioner PSPSQ (Patient Satisfaction With Pharmacist Service) versi kedua. Pengambilan data dilakukan kepada 110 responden menggunakan teknik accidental sampling. Seluruh data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Mann Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil : Skor rata-rata kepuasan pasien sebesar 3,10 yang termasuk dalam kategori puas. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok karakteristik usia dan pendidikan dengan nilai p=0,000 dan p=0,009 (p<0,05). Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok karakteristik jenis kelamin dan pekerjaan dengan nilai p=0,166 dan p=0,107 (p>0,05). Kesimpulan : Pasien merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh apoteker di farmasi, namun pelayanan kefarmasian oleh apoteker di Puskesmas masih perlu ditingkatkan.
Abstrak (Inggris)Objective : To determine the description of patient satisfaction and relationship between patient satisfaction with patient characteristics group based on differences in satisfaction score such as gender, age, educational background, occupation characteristics towards pharmacy service provided by pharmacist in public health center. Methodology : Observational study with cross-sectional approach. Patient satisfaction was measured by the second version of PSPSQ (Patient Satisfaction With Pharmacist Service Questionnaire). Data collection was tested to 110 respondents by accidental sampling technique. All data were analyzed in univariate analysis and bivariate using Mann Whitney and Kruskal Wallis test. Results : Average satisfaction score was 3,10 which included tothe satisfied patient category. The result of bivariate analysis showed significant differences between satisfaction and characteristic group in age (p=0,000) and educational background (p=0,009) but no significant differences for the gender (p=0,166) and occupation (p=0,107). Conclusion : Patients were satisfied with pharmacy service provided by pharmacist in public health center, but pharmacy service provided by pharmacist in public health center still need to be improved.
Kata KunciPatient Satisfaction, Pharmaceutical Service, Pharmacist, Public Health Center
Nama Pembimbing 1Hening Pratiwi, M.Sc., Apt.
Nama Pembimbing 2Nuryanti, M.Sc., Apt.
Tahun2020
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.056 seconds.