View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A015046
Nama MahasiswaFAUZI AKMAL DHIATAMA
Judul ArtikelPERILAKU MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Studi Terhadap Perilaku Mahasiswa Sosiologi Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2016-2018 Dalam Menggunakan Media Sosial)
AbstrakMahasiswa Sosiologi sebagian besar memiliki media sosial untuk berbagai tujuan penggunaan. Mahasiswa Sosiologi memiliki latar belakang pengalaman mempelajari masyarakat mulai dari perilaku, interaksi di dalamnya. Kondisi ini tentunya berkaitan dengan perilaku Mahasiswa Sosiologi dalam mengakses media sosialnya yang dipengaruhi oleh pengalaman mempelajari masyarakat secara teoritis dan praktis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku Mahasiswa Sosiologi FISIP UNSOED dalam menggunakan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel adalah 50 responden. Data dikumpulkan menggunakan metode survey dengan menyebar kuisioner. Metode analisis difokuskan pada penyajian data secara distribusi frekuensi. Analisis data menunjukkan bahwa perilaku Mahasiswa Sosiologi FISIP UNSOED dalam menggunakan media sosial dipengaruhi beberapa faktor yang sifatnya eksternal. Faktor tersebut antara lain motif, aktifitas, tempat penggunaan, waktu dan biaya. Faktor tersebut merupakan stimulus yang menentukan kuat atau lemahnya dari reinforcement (penguatan) yang didapat setelah mengakses media sosial, yang menyebabkan perbedaan tingkat aktivitas media sosial siswa Sosiologi.
Abstrak (Inggris)Sociology students mostly have social media for various purposes of use. Sociology student learn deeply about society in their study, ranging from behavior to interaction. This condition is certainly closely related to the behavior of students of sociology in accessing social media which is influenced by theoretical and practical experience of learning society. The purpose of this research is to find out and describe the behavior of UNSOED FISIP Sociology Students in using social media. This research uses descriptive quantitative method. The number of samples is 50 respondents. Data were collected using a survey method by distributing questionnaires. The analysis method is focused on presenting data in a frequency distribution. Data analysis shows that the behavior of UNSOED FISIP Student Sociology in using social media is influenced by several external factors. These factors include motives, activities, place of use, time and cost. This factor is a stimulus that determines the strength or weakness of the reinforcement obtained after accessing social media, which causes differences in the level of social media activities of Sociology students.
Kata KunciMahasiswa, Sosiologi, Perilaku, Media Sosial
Nama Pembimbing 1Dr. Soetji Lestari, M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Edy Suyanto, M.Si.
Tahun2020
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0553 seconds.