View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F2C017005
Nama MahasiswaMUHAMMAD FACHRY AZIS KUSUMA
Judul ArtikelImplementasi Peran Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik.
AbstrakSebagai upaya mendorong keterbukaan informasi publik Pemerintah Kota Tasikmalaya telah mengimplementasikan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 (UU KIP) yang merupakan rezim hukum baru yang mengusung prinsip transparansi dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, dan PPID Pemerintah Kota Tasikmalaya baru menjalankan kegiatan KIP ini selama dua tahun, Penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Teori yang digunakan yaitu teori sistem menjelaskan esensi dasar kehidupan, yaitu pentingnya menjalin hubungan sosial. Menjalin hubungan sosial yang baik merupakan hasil dari suatu interaksi sosial, dalam hal ini yaitu interaksi antara organisasi/lembaga dengan publiknya. Teori kedua yang digunakan adalah teori excellence ini terdapat tiga aspek dasar yang harus dilakukan yakni Pengetahuan, harapan bersama, dan juga budaya partisipatif. Dalam menyiapkan hubungan sosial pun harus memenuhi standar kualitas SDM yang handal, karena media sosial disini menjadi media utama dalam penyebaran Informasi Publik. . Pihak PPID Utama sedang menyiapkan rancangan untuk pengelolaan KIP di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, untuk memberikan pengetahuan mengenai KIP untuk mendukung dan menjalani KIP dengan efektif dan efisien agar tidak adanya kesimpang siuran informasi baik di dalam Lembaga maupun di masyarakat Kota Tasikmalaya, yang dinilai masih lemah dalam mengelola KIP ini.
Abstrak (Inggris)The Government of Tasikmalaya City has been implementing Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 (UU KIP), a new regime with the emphasize on transparency principals, for two years. This study is a qualitative descriptive, a method to study the natural objects. This study used two theories, which are System Theory and Excellence Theory. System Theory explains the basic essences of life, which is creating the social relationship. Having a good social relationship is the result from social interaction, in this case is the interaction between the institutions with the public. The second theory is Excellence Theory, which has three basic aspects; knowledge, mutual expectancy, and participative culture. In preparing social relationship one must meet the quality standard of a capable human resource, as social media plays an essential role in distributing the public information. The Primary PPID is currently preparing the blueprint of PPID management in the Government of Tasikmalaya City, to provide the knowledge about KIP that will support KIP in an effective and efficient way. Thus, the misinformation in both institution and the public of Tasikmalaya City will be reduced.
Kata KunciKata Kunci: Implementasi, PPID, Keterbukaan Informasi Publik.
Nama Pembimbing 1Dr. Toto Sugito, M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si.
Tahun2020
Jumlah Halaman122
Page generated in 0.0575 seconds.