View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A015105
Nama MahasiswaTITA OKTA SETYOBEKTI
Judul ArtikelHubungan Penggunaan Instagram dan Uang Saku dengan Perilaku konsumtif Mahasiswa FISIP Unsoed
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: pertama, menjelaskan pengaruh aktivitas di media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FISIP Unsoed. Kedua, menjelaskan pengaruh uang saku terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FISIP Unsoed dan ketiga, menjelaskan pengaruh uang saku terhadap penggunaan instagram dan penggunaan instagram berdampak pada perilaku konsumtif mahasiswa FISIP Unsoed. Penelitian ini menggunakan metode survei. Survei merupakan bentuk pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada sekelompok orang atau responden yang memungkinkan peneliti untuk menarik kesimpulan mengenai masalah yang akan diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di kampus FISIP Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Dalam menentukan sasaran penelitian, peneliti menggunakan teknik Propotionate random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 mahasiswa.. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, hasil korelasi variabel penggunaan instagram dengan perilaku konsumtif adalah semakin sering responden menggunakan instagram, perilakunya semakin konsumtif. Kedua, hasil korelasi variabel uang saku dengan perilaku konsumtif adalah semakin besar uang saku, perilaku mahasiswa semakin konsumtif. Ketiga, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara penggunaan instagram dengan perilaku konsumtif mahasiswa FISIP sebesar 0,341, dan terdapat hubungan yang positif antara uang saku dengan perilaku konsumtif mahasiswa FISIP sebesar 0,264. Nilai korelasi tersebut termasuk dalam kategori cukup dan dapat disimpulkan bahwa “ada hubungan antara penggunaan instagram dan uang saku dengan perilaku konsumtif mahasiswa FISIP Unsoed”.
Abstrak (Inggris)This research aims to: first, explaining the influence of activities on Instagram social media on the consumer behavior of Unsoed FISIP students. Second, explaining the effect of pocket money on the consumer behavior of FISIP Unsoed students and, third, explaining the effect of pocket money on the use of Instagram and the use of Instagram has an impact on the consumer behavior of Unsoed FISIP students. This research uses survey method. Survey is a form of data collection by distributing questionnaires to a group of people or respondents that allows researchers to draw conclusions about the problem to be studied. This research was conducted at the FISIP Unsoed campus, Purwokerto, Banyumas Regency. In determining the research objectives, researchers used the technique of Propotionate random sampling and obtained a sample of 100 students. The results of this study indicate: first, the results of the correlation between variables using Instagram with consumptive behavior are the more frequent respondents use Instagram, the more consumptive behavior. Second, the result of the correlation between variable allowance and consumptive behavior is that the greater the allowance, the more consumptive student behavior. Third, the results of this study indicate there is a positive relationship between the use of Instagram with FISIP students consumptive behavior of 0.341, and there is a positive relationship between pocket money with FISIP student consumptive behavior of 0.264. The correlation value is included in the sufficient category and it can be concluded that "there is a relationship between the use of Instagram and pocket money with the consumer behavior of Unsoed FISIP students".
Kata KunciKata Kunci : Penggunaan Instagram, Uang Saku dan Perilaku Konsumtif
Nama Pembimbing 1Dr. Nanang Martono, M.Si
Nama Pembimbing 2Ratna Dewi, S.Sos. MA
Tahun2020
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0592 seconds.