View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A115033
Nama MahasiswaISNA DWI NURINDAHSARI
Judul ArtikelPERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MIE BERBAHAN BAKU PATI GANYONG DI PURBALINGGA
AbstrakUMKM Mie Ganyong mengalami masalah pemasaran mie masih tergantung pada pedagang perantara dan pesanan. Produk mie ganyong memiliki banyak keunggulan sehingga tidak menutup kemungkinan mie ganyong dapat dijual di pasar luas. Dalam hal ini, industri rumah tangga mie ganyong perlu mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut produk, harga, tempat, promosi sehingga dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas produk, harga, tempat, dan promosi mie ganyong 2) Mengetahui strategi pemasaran yang tepat berdasarkan bauran pemasaran yang diterapkan. Teknik pengambilan sampel dengan untuk konsumen dengan accidental sampling dan Teknik Purposive sampling untuk pengambilan sampel produsen. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dengan metode rata -rata dan teori Bauran Pemasaran. Berdasarkan persepsi konsumen terhadap produk tergolong rasa enak, kemasan masih, tidak terdapat aroma, warna sedikit coklat sederhana. Persepsi konsumen terhadap harga mie ganyong murah dan sesuai dengan kualitas. Persepsi konsumen terhadap tempat strategis, memenuhi jumlah produk, penataan produk kurang. Persepsi konsumen terhadap personal selling baik, strategi pemberian bonusbaik. Strategi produk yang dapat diterapkan meningkatkan kualitas produk yaitu dari kemasan. Produsen perlu mempertahankan harga agar produk mie ganyong tetap mendapat citra yang baik. Meningkatkan jaringan pemasaran yang luas perlu mengadakan kerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan melakukan promosi menggunakan media online dan promosi penjualan.
Abstrak (Inggris)UMKM Canna Noodle are having problems marketing the noodles that are still dependent on intermediary and order traders. Canna noodle products have many advantages so it does not rule out the canna noodles can be sold in the broad market. In this case, the canna noodle home industry needs to know consumers' perceptions of product attributes, prices, places, promotions so that they can formulate an appropriate marketing strategy. This study aims to 1) Determine consumer perceptions of product quality, price, place, and canna noodle promotion 2) Know the right marketing strategy based on the applied marketing mix. Sampling techniques for consumers with accidental sampling and purposive sampling techniques for producer sampling. Analysis of the data used is Descriptive Analysis with the average method and Marketing Mix theory. Based on consumers' perceptions of products classified as good taste, packaging is still, there is no aroma, a little simple brown color. Consumer perception of the price of canna noodles is cheap and in accordance with quality. Consumer perceptions of strategic places, meet the number of products, product arrangement is lacking. Consumer perceptions of personal selling are good, good bonus giving strategies. The product strategy that can be applied to improve product quality is from packaging. Producers need to maintain prices so that canna noodle products still get a good image. Improving the broad marketing network needs to collaborate with the Government of Purbalingga Regency and carry out promotions using online media and sales promotions.
Kata KunciPersepsi Konsumen, Mie Ganyong, Pemasaran
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Adwi Herry Koesoema Elyanto, M.P.
Tahun2020
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0596 seconds.