View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A115045
Nama MahasiswaSEPTIANA AYU LESTARI
Judul ArtikelPEMASARAN ONLINE PRODUK AGRIBISNIS DAN HUBUNGANNYA TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN DI KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakPemasaran online untuk produk agribisnis mulai berkembang di Kabupaten Banyumas seperti penjualan benih dan tanaman hias yang dijual melalui sosial media dan E-Commerce. Alternatif pemasaran online diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan mampu memberi keuntungan bagi pedagang. Tujuan Penelitian adalah 1) Menganalisis profil perusahaan pemasaran online produk agribisnis. 2) Menganalisis pendapatan penjualan dan keuntungan pemasaran produk agribisnis secara online dan offline. 3) Menganalisis perkembangan pemasaran online produk agribisnis di Kabupaten Banyumas. 4) Menganalisis hubungan keberhasilan pemasaran online terhadap tingkat keuntungan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019. Responden dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan toko ini sudah melakukan pemasaran online. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis laporan laba rugi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Rata-rata perusahaan sudah melakukan pemasaran online kurang dari lima tahun, produk agribisnis yang dijual benih dan tanaman hias, pemasaran online menggunakan sosial media Facebook, Instagram dan E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, sistem pembayaran menggunakan transfer via bank dan dompet digital ovo, dana dan shopeepay. 2) Total pendapatan dan keuntungan secara online lebih tinggi dibandingkan secara offline karena produk yang terjual lebih banyak, pelanggan lebih banyak dan pangsa pasar lebih luas. 3) Perkembangan pemasaran online produk agribisnis dimulai dengan menggunakan sosial media Facebook, Instagram dan E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Pemasaran online yang paling banyak digunakan yaitu Instagram dan pemasaran online yang paling menguntungkan yaitu E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. 4) Pemasaran online akan mendapatkan tingkat keuntungan tinggi dikarenakan pengelolaan E-Commerce yang intensif dalam pemasaran produk, penggunaan jasa iklan, membuka sistem dropship dan sistem reseller, menerapkan sistem pembayaran menggunakan dompet digital dan pelayanan yang baik terhadap pelanggan.
Abstrak (Inggris)Marketing online for the products of agribusiness began to flourish in the district of Banyumas as sales of seeds and plants ornamental that are sold through social media and E-Commerce. Alternative marketing online is expected able to increase revenue and were able to provide advantages for merchants. Research Objectives are 1) Analyzing profiles Companies marketing online products of agribusiness. 2) Analyzing income sales and profit marketing of the products of agribusiness in online and offline. 3) Analyzing the development of online marketing of a gribusiness products in Banyumas Regency. 4) Analyze the relationship the success of marketing online to the level of profit. Research carried out in the month July until August 2019. Respondents were selected by intentionally (purposive) with consideration of the store is already doing marketing online. Research using analysis descriptive and analytical reports profit and loss . Results of the study showed that ; 1) On average the company has been doing marketing online is less than five years , the products of agribusiness who sold the seeds and plants of ornamental , marketing online using social media Facebook, Instagram and E-Commerce Tokopedia, Shopee and bukalapak, the system of payment using a bank transfer, and wallet digital ovo, funds and shopeepay. 2) Total revenues and profits are online much higher than in offline because the products are sold over many, customers over much and share market more widely. 3) The development of online marketing of agribusiness products begins with using social media Facebook, Instagram and Tokopedia, Shopee and Bukalapak E-Commerce. Marketing online that most lots are used, namely Instagram and marketing online the most profitable is the E-Commerce Tokopedia, Shopee and bukalapak. 4) Marketing online will get a rate of profit high due to the management of E-Commerce which intensified in the marketing of products, the use of services of advertising, open system dropship and system resellers, implement a system of payment using the wallet digital and service were good to the customer .
Kata Kuncipemasaran online, keuntungan, produk agribisnis
Nama Pembimbing 1Ir. Bambang Sumanto, M.Sc.
Nama Pembimbing 2Dr.rer.Agr.Ir. Djeimy Kusnaman, M.Sc. Agr
Tahun2020
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0519 seconds.