View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1D015049
Nama MahasiswaKARYOTO
Judul ArtikelNILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “SI ANAK SPESIAL” KARYA TERE LIYE: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
AbstrakABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah sosial tokoh Burlian dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Si Anak Spesial karya Tere Liye. Novel Si Anak Spesial ini menceritakan kisah tentang pentingnya sebuah pendidikan untuk masa depan seseorang. Tokoh yang menjadi pengantar pembentukan karakter dalam sebuah novel ini yaitu Mamak, Bapak, dan Pak Bin. Tokoh Mamak dan Bapak merupakan pembentuk karakter di lingkungan keluarga, sedangkan tokoh Pak Bin sebagai pendidik pembentukan karakter di lingkungan formal. Ketiga tokoh tersebutlah yang mengantarkan pendidikan karakter pada tokoh-tokoh yang ada dalam cerita, khususnya tokoh utama. Kajian sosiologi sastra dan masalah sosial yang digunakan mengacu pada teorinya Faruk dan Soekanto, sedangkan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter mengacu kepada kementrian pendidikan nasional tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa penggalan-penggalan cerita dalam novel kemudian dijelaskan melalui kata-kata. Metode yang digunakan ialah analisis isi, dengan teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik baca, simak, dan catat (BSC). Berdasarkan penelitian, ditemukan 6 masalah sosial yaitu; masalah sosial kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat, lingkungan hidup, dan birokrasi, dengan jumlah 36 data yang masuk masalah sosial. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang ditemukan ada 13 nilai pendidikan karakter, yaitu; Nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, dengan jumlah 40 data yang masuk nilai pendidikan karakter. Penelitian tersebut relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang SMA kelas XII kurikulum 2013 berdasarkan KD 3.9 Menganalisi isi dan kebahasaan novel.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT This study aims to describe the social problems of Burlian figures and the value of character education contained in the novel The Children by Tere Liye. This Special Children novel tells the story of the importance of education for one's future. The characters who become the introduction of character formation in this novel are Mamak, Bapak, and Pak Bin. Mamak and Bapak figures are character builders in the family environment, while Pak Bin figures are educators of character building in formal environments. These three characters deliver character education to the characters in the story, especially the main character. The study of sociology of literature and social problems used refers to the theories of Faruk and Soekanto, while to find out the value of character education refers to the Ministry of National Education in 2011. This research is a qualitative descriptive study. Data collected in the form of fragments of stories in the novel are then explained through words. The method used is content analysis, with data collection techniques, researchers use the technique of reading, listening, and note taking (BSC). Based on research, found 6 social problems namely; social problems of poverty, crime, family disorganization, violations of community norms, the environment and bureaucracy, with 36 data entering social problems. While the value of character education found there are 13 values of character education, namely; Religious values, honesty, discipline, hard work, creative, curiosity, love the motherland, appreciate achievement, love peace, love to read, care about the environment, care about social, and responsibility, with a total of 40 data that enter the value of character education. The research is relevant to Indonesian language learning in the 2013 curriculum XII grade high school based on KD 3.9 Analyzing the content and language of the novel.
Kata Kuncisosiologi sastra, nilai pendidikan karakter, novel si anak spesial.
Nama Pembimbing 1Lalita Melasarianti, S.Pd., M.Pd.
Nama Pembimbing 2Nia Ulfa Martha, S.Pd., M.Pd.
Tahun2020
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0879 seconds.