View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1E015014
Nama MahasiswaENUNG NURAIDAH
Judul ArtikelTHE IMPLEMENTATION OF ENGLISH TEACHER’S TEACHING STRATEGIES (A Descriptive Study on the Implementation of English Teacher’s Teaching Strategies at Grade 8 of SMP N 5 Purwokerto in the Academic Year of 2019/2020)
AbstrakKeywords: strategi mengajar, metode mengajar, tujuan pembelajaran. Di Indonesia Bahasa inggris merupakan bahasa asing yang menjadi salah satu mata pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Namun, tidak semua siswa belajar dengan aktif. Mereka merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris. Hal tersebut adalah tugas guru untuk mempertimbangkan bagaimana cara mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu, penelitian ini meneliti tentang implementasi strategi guru bahasa inggis dalam mengajar. Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan guru bahasa inggris dalam mengajar di kelas serta bagaimana cara mengimplementasikannya di kelas 8H SMP N 5 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objeknya adalah guru bahasa inggris kelas 8H SMP N 5 Purwokerto. Pengumpula data dilakukan dengan cara observasi, interview, dan dokumen. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru bahasa Inggris kelas 8H SMP N 5 purwokerto menggunakan strategi pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, dan kadang-kadang menggunakan pembelajaran langsung. Implementasi pembelajaran langsung sebagai strategi mengajar telah jarang digunakan karena merupakan strategi pegajaran yang berpusat pada guru. Metode pembelajaran tidak langsung yang diterapkan adalah metode problem solving. Sementara metode yang diterapkan dari pembelajaran interaktif adalah metode brainstorming, kerja kelompok, dan bermain peran. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan dari ketiga jenis strategi pengajaran bahasa Inggris di kelas 8H SMP N 5 Purwokerto menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang menguntungkan. Saran yang diajukan kepada guru bahasa Inggris lainnya adalah guru harus menerapkan strategi pengajaran yang sesuai di kelas untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar mencapai tujuan pembelajaran.
Abstrak (Inggris)Keywords: teaching strategy, teaching methods, learning objectives. English is a foreign language considered as one of subjects at every school level in Indonesia. However, not all students join the class actively. They found it difficult in learning English. This is the teacher’s part to consider how to teach English in the classroom. This research investigates the implementation of English teacher’s teaching strategies. The aims are to find out what teaching strategies that the teacher uses and how they are implemented in grade 8H of SMP N 5 Purwokerto. This research is a qualitative research study. It uses descriptive approach. The object was the English teacher of grade 8H of SMP N 5 Purwokerto. The data were collected through observation, interview, and documents. They were analyzed using a triangulation method. The results showed that the English teacher of grade 8H of SMP N 5 Purwokerto used the strategies of indirect instruction, interactive study, and sometimes direct instruction. The implementation of direct instruction as teaching method was rarely used since belonging to the teacher-centered learning approach. The implemented indirect instruction method was problem solving. Meanwhile, the implemented interactive instruction methods were brainstorming, group work, and role play. The implantation of those teaching strategies created enjoyable and effective learning climate and achieve favourable learning objectives.
Kata Kunciteaching strategy, teaching methods, learning objectives.
Nama Pembimbing 1Drs. Agus Sapto Nugroho, M.Ed.TESOL.
Nama Pembimbing 2Novita Pri Andini, S.Pd., M.Pd
Tahun2020
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0488 seconds.