View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A016121
Nama MahasiswaDHEYA RAHMAWATI
Judul ArtikelPENERAPAN PASAL 21 AYAT (2) HURUF (a) UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS DALAM PUTUSAN NOMOR 01/Pdt.Sus-Merek/2019/PN.Niaga.JKT.PST
AbstrakMerek merupakan bagian dari Kekayaan Intelektual dalam pengelompokan Hak Milik Perindustrian (Industrial Property Right) berfungsi untuk membedakan asal maupun kualitas barang dan/atau jasa sejenis antara suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Peraturan merek diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 (atau disingkat UUMIG). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan metode analisis data secara normatif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Putusan Nomor 01/Pdt.Sus-Merek/ 2019/PN.Niaga.JKT.PST mengenai pendaftaran merek-merek HUGO BOSS milik Penggugat dan merek-merek HUGO FEMINIME, HUGO JEANS, dan HUGO BOY milik Tergugat yang disengketakan telah sesuai dengan ketentuan Pasal 21 Ayat (2) huruf (a) UUMIG. Bahwa merek milik Tergugat telah menyerupai nama badan hukum milik Penggugat, sehingga Tergugat tidak mempunyai itikad baik dalam mendaftarkan merek tersebut. Karena merek HUGO BOSS merupakan bagian dari nama grup badan hukum Penggugat, yaitu HUGO BOSS AG dan HUGO BOSS Trade Mark Management GmbH & Co. KG, Maka merek terdaftar dapat berupa nama lengkap maupun sebagian nama badan hukum pemilik merek. Oleh karena itu merek milik Tergugat yang telah didaftarkan tersebut harus dibatalkan/dinyatakan tidak sah.
Abstrak (Inggris)Trademark is a part of Intellectual Property in the grouping of Industrial Property Rights (Industrial Property Right) functions to distinguish the origin and quality of goods and / or services of a kind from one company to another company. Trademark regulations are regulated in Law Number 20 Year 2016 (or abbreviated as UUMIG). The method used in this study is a normative juridical research method with descriptive analytical research specifications. Data sources used are secondary data obtained from literature studies in the form of primary, secondary and tertiary legal materials. The collected data is processed and analyzed using normative qualitative data analysis methods. The results of the study concluded that Decision Number 01 / Pdt.Sus-Trademark / 2019 / PN.Niaga.JKT.PST regarding registration of the Plaintiff's HUGO BOSS marks and HUGO FEMINIME, HUGO JEANS, and the Defendant's HUGO BOY marks in accordance with the provisions of Article 21 Number (2) Letters (a) UUMIG . That the Defendant's trademark has resembled the name of the Plaintiff's legal entity, so the Defendant does not have good faith in registering the mark. Because the HUGO BOSS brand is part of the Plaintiff's legal group name, namely HUGO BOSS AG and HUGO BOSS Trade Mark Management GmbH & Co. KG, Then the registered mark may be in the form of the full name or part of the name of the legal entity of the brand owner. Therefore the Defendant's trademark which has been registered must be canceled / declared invalid.
Kata KunciPembatalan Merek, Badan Hukum, Hugo Boss.
Nama Pembimbing 1Agus Mardianto, S.H., M.H.
Nama Pembimbing 2Sukirman, S.H., M.Hum.
Tahun2016
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0601 seconds.