View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A115038
Nama MahasiswaRIZKI SLAMET GUSTIANSYAH SILALAHI
Judul ArtikelPERSEPSI WISATAWAN SEBAGAI ARAH PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakAgrowisata sebagai upaya dalam memberdayakan masyarakat dan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari. Kabupaten Banyumas memiliki agrowisata yang didirikan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), tiga diantaranya yaitu Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, dan Agrowisata Bulak Barokah. Upaya pengembangan agrowisata tidak lepas dari persepsi wisatawan maupun masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam usaha agrowisata. Persepsi wisatawan dan masyarakat dapat memberikan bahan evaluasi agar kegiatan agrowisata dapat berjalan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik dari agrowisata (2) mengetahui keuntungan ekonomi dari agrowisata, (3) mengetahui persepsi wisatawan agrowisata, (4) mengetahui persepsi pelaku usaha terhadap manfaat ekonomi dari adanya agrowisata. Analisis data untuk mengetahui karkakteristik agrowisata, laporan keuangan, persepsi wisatawan, dan pelaku usaha dilakukan secara deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik Wisata Pagubugan memiliki ciri khas keindahan pesawahan dan kolam renang; Taman Lazuardi memiliki ciri khas area taman bermain, kolam renang, dan kegiatan edukasi pertanian bagi anak; dan Agrowisata Bulak Barokah menampilkan wisata kebun durian. Keuntungan agrowisata tahun 2019 dari Wisata Pagubugan sebesar Rp38.896.070,-, Taman Lazuardi sebesar Rp52.387.000,-, dan Agrowisata Bulak Barokah sebesar Rp22.350.570,-. Persepsi wisatawan terhadap daya tarik dan fasilitas Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, dan Agrowisata Bulak Barokah termasuk dalam kategori baik. Persepsi wisatawan terhadap aksesibilitas di Wisata Pagubugan termasuk dalam kategori baik, sedangkan Taman Lazuardi dan Agrowisata Bulak Barokah termasuk dalam kategori sangat baik. Persepsi pelaku usaha terhadap manfaat ekonomi agrowisata di Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, dan Agrowisata Bulak Barokah yang paling dirasakan adalah penyerapan tenaga kerja.
Abstrak (Inggris)Agritourism is an effort to empower and use natural resources for sustainbility. In Banyumas, theres three agritourism established as Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), that is Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, and Agrowisata Bulak Barokah. Tourist and community perception are important to develop agritourism itself. The advantage is agritourism can evaluate for sustainbility. Also, agritourism can increase community economic activities and environment. This study aims to: (1) determine characteristic of Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, and Agrowisata Bulak Barokah, (2) determine profit of Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, and Agrowisata Bulak Barokah, (3) knowing the tourist’s perception for Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, and Agrowisata Bulak Barokah, (4) knowing about economic advantages agritourism from the community business actors perception. The managers of agritourisms was selected as key informan to determine characteristic and profit. The process of analyzed used decriptive analysis. The result show that characteristic of Wisata Pagubugan displaying rice fields view and swimming pool, Taman Lazuardi displaying playground area; swimming pool; and agricultural education activities, Agrowisata Bulak Barokah displaying durian farm. The profit in 2019, Wisata Pagubugan of 38.896.070 IDR, Taman Lazuardi of 52.387.000 IDR, and Agrowisata Bulak Barokah of 22.350.570 IDR. Tourist perception show that Wisata Pagubugan, Taman Lazuardi, and Agrowisata Bulak Barokah has a good atraction and facility. In accesibility, that Wisata Pagubugan in good category and others in very good category. Community business actors show perception to economic advantages in agritourism is employment.
Kata KunciAgrowisata, Persepsi, Wisatawan, Pengembangan
Nama Pembimbing 1Ir. Bambang Sumanto, M.Sc.
Nama Pembimbing 2Ir. Hj. Pudji Hastuti Purwantini, M.P.
Tahun2020
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0564 seconds.