View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A016037
Nama MahasiswaDWIKE RATNA PRATITA
Judul ArtikelANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN EKSPOR KOPI INDONESIA DI NEGARA IMPORTIR TUJUAN UTAMA
AbstrakTerjadinya peningkatan konsumsi kopi secara global merupakan peluang bagi Indonesia untuk mengoptimalkan ekspor kopi hasil produksinya. Ekspor dapat dipengaruhi oleh daya saing dan faktor permintaan, diantaranya harga barang ekspor itu sendiri, inflasi negara importir, nilai tukar mata uang negara importir terhadap rupiah, serta pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) negara importir. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis daya saing kopi Indonesia di pasar Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, dan Mesir, dan 2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ekspor kopi Indonesia oleh Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, dan Mesir. Obyek penelitiannya adalah ekspor kopi Indonesia (kode HS 090111) di Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, dan Mesir. Kegiatan pengambilan dan pengolahan data dilakukan pada Januari 2020. Metode analisis yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamics (EPD), dan regresi berganda. Hasil penelitian daya saing ekspor kopi Indonesia di Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, dan Mesir berdasarkan nilai RCA menunjukkan bahwa kopi Indonesia memiliki keunggulan komparatif pada keempat negara importir utama kopi Indonesia tersebut, dengan urutan daya saing dari yang paling kuat secara berturut-turut adalah pada negara Mesir, Malaysia, Amerika Serikat, dan yang terakhir adalah Jepang. Berdasarkan analisis EPD, ekspor kopi Indonesia di Amerika Serikat dan Jepang berada pada posisi Retreat. Sedangkan, di negara Malaysia dan Mesir, berada pada posisi Rising star. Faktor yang mempengaruhi permintaan ekspor kopi Indonesia ke empat negara importir tujuan utama tersebut adalah nilai tukar mata uang negara importir terhadap rupiah. Selain itu, harga ekspor kopi Indonesia juga berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan ekspor kopi Indonesia di negara Malaysia dan Jepang.
Abstrak (Inggris)An increase in global coffee consumption is an opportunity for Indonesia to optimize its coffee exports. Exports can be affected by competitiveness and demand factors, such as the price of exported goods themselves, the inflation of importing country, the exchange rate of importing country's currency toward rupiah, and the growth of importer's Gross Domestic Product (GDP). This study aims to: 1) analyze the competitiveness of Indonesian coffee in the markets of United States, Malaysia, Japan 2 and Egypt, and 2) analyze factors that affect export’s demand for Indonesian coffee by United States, Malaysia, Japan, and Egypt. Object of the research is export of Indonesian coffee (code HS 090111) in the United States, Malaysia, Japan and Egypt. Data collection and processing was done in January 2020. The analytical methods used were Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamics (EPD), and multiple linear regression. Results of the research on competitiveness of Indonesian coffee exports in the United States, Malaysia, Japan, and Egypt based on the RCA value show that Indonesian coffee has a comparative advantage in the four main importing countries of Indonesian coffee, with the order of competitiveness from the strongest is in Egypt, Malaysia, United States, and the last is Japan. Based on EPD analysis, Indonesian coffee exports in the United States and Japan are in the Retreat position. Meanwhile, in Malaysia and Egypt, they are in the Rising star position. Factor that affecting the demand for Indonesian coffee exports to the four main importing countries is the exchange rate of the importing country's currency toward rupiah. In addition, the price of Indonesian coffee exports also significantly affect the export’s demand for Indonesian coffee in Malaysia and Japan.
Kata Kuncidaya saing, ekspor kopi, RCA, EPD, dan analisis regresi berganda.
Nama Pembimbing 1Ir. Sri Widarni, M.Si.
Nama Pembimbing 2Ir. Tatang Widjojoko, M.P.
Tahun2020
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0528 seconds.