View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015072
Nama MahasiswaFADEL MUHAMMAD ALBANI
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR TEH INDONESIA DAN POSISI DAYA SAINGNYA DI PASAR INTERNASIONAL
AbstrakABSTRAK Indonesia merupakan negara produsen teh di dunia. Teh adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia yang mendatangkan devisa dari sub-sektor perkebunan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor teh Indonesia, dan 2) mengetahui posisi daya saing teh Indonesia di pasar internasional. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder time series tahun 2008 sampai 2017 yang diperoleh dari badan atau lembaga yang terkait dengan pembahasan penelitian. Penelitian mengkaji komoditas teh secara umum dengan kode HS 0902 dan empat komodtias teh kode HS 090210, HS 090220, HS 090230 dan HS 090240. Data dianalisis dengan regresi linear berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) dan Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor teh Indonesia yaitu volume produksi teh, nilai kurs dan harga ekspor teh Indonesia. Posisi daya saing teh Indonesia tergolong kuat pada komoditas kode HS 09210 dan HS 090240 sedangkan untuk kode HS 09220 tergolong sedang dan kode HS 09230 tergolong lemah.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT Indonesia is the producers tea in the world.. Tea is one of Indonesia's export commodities that wreaked foreign exchange from the sub-sector plantation each year. This study aims to: 1) know the factors that affect Indonesia’s tea exports, and 2) know the position of the competitiveness of the Indonesia's tea in the international market. This research carried out in September 2019. This study used secondary time series data from 2008 to 2017 derived from the agency or institutions associated with the research. This research examines tea commodity in common with a code HS 0902 and four tea commodities code HS 090210, HS 090220, HS 090230 and HS 090240. The data analyzed with multiple linear regression with Ordinary Least Square (OLS) and Revealed Comparative Advantage (RCA) methods. The results of research suggest that the factors affecting the Indonesia’s tea exports are the volume of tea production, the value of echange rate and the price of Indonesia’s tea exports. The position of the competitiveness of Indonesia’s tea is classified as strong in a commodity code HS 09210 and HS 090240, while HS 09220 is medium and HS 09230 is weak.
Kata KunciTeh, ekspor, ordinary least square (OLS), daya saing, RCA
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Kusmantoro Edy Sularso, M.S.
Nama Pembimbing 2Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D..
Tahun2020
Jumlah Halaman71
Page generated in 0.072 seconds.