View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1B016052
Nama MahasiswaMUHAMMAD MIFTAHUL FIRDAUS
Judul ArtikelPERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN TENTANG KUIS ONLINE
AbstrakLatar Belakang: Jurusan Keperawatan Unsoed menerapkan kuis online sebagai metode evaluasi pembelajaran bagi mahasiswa. Proses adopsi metode baru tersebut berkaitan dengan hasil studi pendahuluan persepsi mahasiswa yang cenderung negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik responden, mengetahui perangkat yang digunakan, dan menggambarkan persepsi mahasiswa tentang kuis online. Metodologi: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data persepsi mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui google formulir. Jumlah responden penelitian ini adalah 217 orang. Uji validitas dilakukan dengan rumus korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Analisis data menggunakan analisis univariat yang disajikan dalam distribusi frekuensi dan persentase, dengan menggunakan ¬central tendency yang meliputi mean, median, dan modus. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 114 orang (52,5%) memiliki persepsi yang positif, dan 103 orang (47,5%) memiliki persepsi negatif tentang kuis online. Adapun aspek-aspek yang didominasi persepsi positif, antara lain: aspek waktu dengan jumlah 117 orang (53,9%), konten 121 orang (55,8%), feedback 135 orang (62,2%), dan tingkat kesulitan sebanyak 117 orang (53,9%). Aspek dengan dominasi persepsi negatif, yaitu aspek dukungan sebanyak 106 orang (48,8%) dan aksesibilitas 119 orang (54,8%). Kesimpulan: Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman memiliki persepsi yang cenderung positif tentang kuis online.
Abstrak (Inggris)Background: Nursing Department of Jenderal Soedirman University applies an online quiz as a learning evaluation method for student. The process of adoption of the new method relates to the preliminary study results of student perception that tends to be negative. The study aims to illustrate the characteristics of respondents, know which devices to use, and portray student perceptions about online quizzes. Method: The design of this research is descriptive research. Student perception Data is collected by using questionnaires through Google forms. The number of respondents of this study was 217 people. The validity test is carried out with the Pearson product moment correlation formula and the reliability test with Cronbach Alpha. Analysis of data using the Univariate analysis presented in frequency and percentage distributions, using a central tendency ¬ covering mean, median, and mode. Results: The results showed that as many as 114 people (52.5%) have a positive perception, and 103 people (47.5%) have a negative perception about online quizzes. The aspects are dominated by positive perception, among others: the time aspect with the amount of 117 people (53.9%), content 121 people (55.8%), feedback 135 people (62.2%), and the level of difficulty as much as 117 people (53.9%). Aspect with the dominance of negative perception, namely the support aspect as much as 106 people (48.8%) and accessibility of 119 people (54.8%). Conclusion: Overall it can be said that the Nursing student of Jenderal Soedirman University has a perception that tends to be positive about online quizzes.
Kata KunciPerception, student, online quiz.
Nama Pembimbing 1Wastu Adi Mulyono, S.Kp., M.Kep
Nama Pembimbing 2Annas Sumeru, S.Kep., Ns., M.Kep
Tahun2020
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0909 seconds.